Karang Taruna Desa Pangauban Berbagi Sembako di Tengah Pandemi Covid-19

Batujajar, BBPOS – Puluhan anak yatim dan lanjut usia, mendapat bantuan sembako dari kelompok Karang Taruna Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (22/05/2020).

Ketua Karang Taruna desa Pangauban, Fajar panji Rahayu mengatakan, Sebanyak 50 paket sembako serta parsel diberikan secara door to door. Sembako ini merupakan hasil sumbangan dari donatur di wilayahnya dan uang khas karang taruna.

“Bantuan ini sudah kali kedua kita lakukan di wilayah desa Pangauban. Ditengah pandemi virus Corona (COVID-19) kita berikan langsung dengan mendatangi kediamannya,” ujar Fajar kepada BBPOS.com.

Menurut Fajar, di tengah pandemi ini masih ada sekelompok masyarakat yang belum tersentuh bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat maupun daerah, yakni para yatim piatu dan lanjut usia.

“Kami melihat, mereka ini perlu mendapat perhatian di bulan Ramadhan, lebih-lebih saat pandemi COVID-19 ini,” kata Ate sapaannya.

Menurutnya, persoalan pandemi COVID-19 ini, menimbulkan berbagai permasalahan baik persoalan kesehatan, kebutuhan sosial maupun dampak ekonomi lainnya. Diantaranya, kata Ate, untuk mencegah penularan lebih luas, maka masyarakat untuk sementara waktu, dibatasi beraktifitas dil uar rumah.

Ketua Karang Taruna Desa Pangauban ini juga menyatakan rutin menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahun. Berupa pemberian bantuan sosial berupa Sembako kepada seluruh anak yatim piatu, lansia dan anak yang ditinggal orang tuanya.

Dalam mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, menurut Ate, anggota Karang Taruna Desa Pangauban telah memberikan edukasi kepada warga panti jompo maupun tunanetra. Serta mensosialisasikan tatacara protokol mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

“Ini kepedulian kami, memutus mata rantai COVID-19. Upaya lain juga dalam paket sembako terdapat masker cegah penularan COVID-19,” tandasny.