Ini Cara PKS Tingkatkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Ngamprah, BBPOS – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung Barat (KBB), menginisiasi gerakan “Ayo Menanam”.

Program tersebut digulirkan untuk mewujudkan ketahanan pangan di saat pandemik COVID-19 seperti sekarang ini.

“Program ayo menanam ini untuk kader, lalu diteruskan ke masyarakat Bandung Barat,” ujar Ketua DPD PKS KBB Rismanto yang secara resmi meluncurkan gerakan tersebut di Ngamprah, Rabu (20/05/2020).

Rismanto mengatakan, Gerakan “Ayo Menanam”, agar para kader PKS di 16 Kecamatan Bandung Barat dapat mengajak masyarakat bercocok tanam di rumah masing-masing dengan memanfaatkan lahan yang ada serta limbah rumah tangga.

Menurut dia, di masa pandemi dan pemberlakuan PSBB saat ini membuat masyarakat harus lebih banyak di rumah sehingga gerakan ini menjadi momentum bagi swasembada pangan.

“Seperti di kantor DPD PKS kita ada sebagian lahan kosong kita manfaatkan sejengkal lahan kosong untuk ditanami tanamanan yang dapat diproduksi. Jenis sayuran hingga herbal dan itu didapat dari udunan kader PKS,” kata dia.

Rismanto yang juga menjabat sebagai ketua DPRD KBB, mengajak kadernya maupun masyarakat agar bercocok tanam menjadi hobi dan gaya hidup yang mengajak masyarakat semakin dekat dengan alam, lalu menjadikannya gaya hidup, kemudian menjadikannya sebagai mata pencaharian.

Gerakan ini kata dia, nantinya akan ditindaklanjuti oleh seluruh pengurus partai dan juga anggota PKS sampai di tingkat desa dan kampung-kampung.

“Mengajak sebanyak mungkin warga masyarakat untuk turut serta. Sehingga nantinya bisa memanen sayur dan buah di lahan milik sendiri dan tidak perlu menggantungkan pasokan dari pasar atau daerah lain,” tandasnya.