Abai PSBB, Pasar Padalarang Ramai Menjelang Lebaran

Padalarang, BBPOS – Di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pasar Tradisional Tagog Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap ramai diserbu warga yang berbelanja kebutuhan jelang hari raya Idul Fitri.

Berdasarkan pantauan BBPOS.com Senin (18/5/2020) warga terlihat memadati area pasar. Mereka nampak berbelanja berbagai kebutuhan untuk keperluan Lebaran, seperti baju dan kebutuhan lainnya.

Namun sayangnya tidak semua warga mengikuti protokol kesehatan di tengah penerapan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19. Salah satunya dalam penggunaan masker. Nampak terlihat ada sejumlah warga yang cuek tidak mengenakan masker hingga menghiraukan sosial distancing.

Salah satu pengunjung pasar, Mak Yoyoh (70) warga Desa Padalarang mengaku, dirinya ke pasar untuk membeli kebutuhan pokok untuk persiapan Lebaran. Sebab, menurutnya, jika membeli kebutuhan pokok mendekati waktu Lebaran pasti akan lebih dipadati orang.

“Kalo belanja di waktu dekat Lebaran khawatir ketersediaan barang di pasar habis, jadi saya berbelanjanya sekarang,” ujar dia.

Saat ditanya soal resiko terpapar virus Corona atau COVID-19, Yoyoh mengaku khawatir, sebab di pasar masih kerap masyarakat yang tidak menggunakan masker. Terlebih soal jaga jarak yang dianjurkan pemerintah pun sulit untuk terhindarkan.

“Saya khawatir sebetulnya tapi mau bagaimana lagi. Kalo saya tidak berbelanja setiap hari, warung nasi saya tidak akan terisi,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat sama, Ramdani (63) salah satu petugas parkir mengatakan, lonjakan masyarakat yang datang terjadi sejak hari Rabu pekan lalu.

“Pas jam operasional kembali normal, masyarakat banyak yang datang lagi ke pasar,”katanya.