PSBB di KBB Diperpanjang, Check Point Tanpa Penjaga

Padalarang, BBPOS – Di tengah upaya pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dinas Perhubungan (Dishub) Bandung Barat hingga saat ini belum menyiagakan petugas jaga dilokasi chekpoint.

Berdasarkan pantauan BBPOS.com di pos chekpoint Gerbang Tol Padalarang, pukul 13.00 WIB, tidak tampak adanya pemeriksaan atau penyekatan kendaraan yang dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan.

Kendaraan dari arah barat menuju timur atau sebaliknya terpantau melaju dengan kecepatan sedang hingga tinggi. Arus lalu lintas pun ramai lancar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB, Ade Komarudin mengatakan hasil dari kesepakatan petugas keamanan pihaknya tidak mengoprasikan penjagaan selama 24 jam.

“Gakan dulu mengoprasikan penjagaan selama 24 jam itu hasil kesepakatan dari seluruh petugas pengamanan,” kata Ade saat dihubungi BBPOS.com, Rabu (06/05/2020).

Menurut Ade saat ini yang dijaga selama 24 itu hanya di pos pengamanan, untuk di titik chekpoint lainnya kata dia, penjagaan hanya beroperasi dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 11.00. Dilanjut kembali pada pukul 15.00-16.00 WIB.

Meski demikian lanjut Ade, kedepannya penjagaan titik checpoint di lokasi yang dinilai rentan hilir mudiknya kendaraan akan diberlakukan penjagaan 24 jam.

“Kedepannya baru akan diberlakukan, yang 24 jam di pospam, di chekpoint dari jam 6 sampaijam 11, istirahat, masuk lagi jam 3 sampai jam 6 sore,” ujar dia.

Sementara Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, Penjagaan di titik chekpoint itu harus langsung diberlakukan dengan ketat selama PSBB diterapkan.

“Ya harus langsung dilakukan, tidak ada penyekatan waktu penjagaan itu,” ungkap Umbara.