Sisihkan Gaji Sekaligus Bagikan Sembako Cara Hengki Bantu Warga di Bulan Ramadhan

Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan di dampingi istri Sonya Fatmala membagikan sembako kepada warga terdampak Covid-19, Foto: BBPOS/Suwitno

Padalarang, BBPOS – Pemerintah pusat dan daerah saat ini terus berupaya mengatasi pandemi COVID-19 dengan berbagai cara. Meskipun dengan keterbatasan baik alat, tenaga medis dan anggaran, mereka terus bekerja keras memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Atas dasar itu, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hengki Kurniawan turut menyumbangkan gaji serta tunjangannya selama enam bulan untuk kegiatan sosial penanganan COVID-19. Hal itu dilakukan karena dirinya tidak bisa berharap banyak mengandalkan dana APBD.

Ia mengaku ingin membuat gebrakan untuk menggugah hati kepala daerah dan wakilnya secara personal untuk sumbangkan gajinya dan apapun yang mereka dapat dari negara. Caranya dengan memberikan contoh supaya para pejabat dan kepala daerah ini tergugah hatinya lewat berbagi gaji.

“Saya sumbangkan gaji saya dan tunjangan untuk penanganan COVID-19 ini. Meskipun ga besar, Inshaallah bermanfaat,” kata Hengki saat dihubungi BBPOS.com, Sabtu (02/05/2020).

Hengki menegaskan, apa yang dilakukannya ini bukan semata untuk kepentingan pribadi atau sekadar pencitraan. Apa yang dilakukannya ini hanya untuk meringankan beban masyarakat dan pemerintah daerah dalam menghadapi wabah yang telah mendunia itu.

“Selain itu juga kita kembangkan UMKM untuk memproduksi masker di ruangan kerja saya. Disesuaikan dengan porsi anggaran yang saya miliki aja kang,” ujar dia.

Selain dari memproduksi masker untuk pencegahan pandemi COVID-19. Ia pun turut membagikan sembako serta hidangan berbuka puasa di beberapa wilayah Bandung Barat.

“Kegiatan di bulan ramadhan ini saya pun ikut langsung membagikan sembako dan hidangan untuk berbuka puasa,” tutur dia.

Hengki mengatakan, kegiatan tersebut dibagikan ia bersama relawan secara door to door ke setiap rumah warga. Tujuannya adalah untuk menghindari kerumunan massa.

“Situasi sosial distancing seperti sekarang kan dilarang ada kumpul-kumpul warga, untuk menghindari itu pembagian itupun kita lakukan secara door to door,” ucap Hengki.

Sasarannya kata dia, adalah warga-warga yang kurang mampu. Oleh sebab itu, Hengki bekerjasama dengan RT atau RW setempat untuk mendapat sasaran yang tepat.

Selain membagikan hidangan untuk berbuka puasa, Hengki juga membagikan masker sebagai upayanya menekan penyebarab COVID-19.

“Alhamdulillah kita upayakan semampu yang saya miliki kang. Mudah-mudahan pandemi COVID-19 ini segera berakhir, agar semua kembali normal lagi,” tandasnya.