TKI Asal KBB Terjebak di Negeri Jiran, Bupati Jamin Kebutuhan Keluarganya

Ngamprah,BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berikan bantuan paket sembako kepada keluarga Sunara di Kampung Cihaliwung Wetan, RT/RW 05/03, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah.

“Hari ini saya datang menjenguk istrinya mengirim sembako untuk 1 bulan ke depan,” kata Umbara di Ngamprah, Jumat (10/04/2020).

Diketahui sebelumnya, Sunara warga Bandung Barat yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) itu terjebak di negeri Jiran Malaysia.

Menurut Umbara, bantuan tersebut sengaja diberikan kepada keluarga Sunara untuk membantu meringankan beban yang ditanggung Ani Suryani selaku istri Sunara.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban keluarga, dan saya berpesan agar hal ini tidak terulang kembali, khusus untuk warga Bandung Barat agar mengikuti prosedur yang ada kalau ingin menjadi TKI,” ucap dia.

Lebih lanjut Umbara mengatakan, Sunara tidak bisa kembali ke Indonesia. Sebab, Malaysia saat ini sudah memberlakukan Lockdown akibat wabah virus Corona atau COVID-19.

Dia mengatakan, pemerintah tidak memiliki program untuk memulangkan TKI dari luar negeri. Justru pemerintah berusaha menahan mereka agar tidak pulang ke Indonesia sementara waktu.

“Kalau bisa dipulangkan, saya sudah siapkan uang dari uang pribadi saya. Namun kondisi saat ini belum memungkinkan. Tapi sekarang kondisi Sunara sehat, aman dan nyaman jadi disnaker terus komunikasi kalo sudah bisa dipulangkan akan dipulangkan,” jelas Umbara.