Pasar Tradisional di KBB Terapkan Belanja Daring

NGAMPRAH,BBPOS – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB menyarankan pedagang pasar tradisional untuk bertransaksi secara online dalam penjualan kebutuhan pokok masyarakat.

Kepala Disperindag KBB, Ricky Riyadi menjelaskan, dengan layanan transaksi online masyarakat Bandung Barat tidak perlu datang langsung ke pasar untuk berbelanja kebutuhan pokok.

“Koordinator di sembilan pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bandung Barat telah ditunjuk agar mudah bertransaksi nantinya,”kata Ricky, Selasa (7/4).

Ia menambahkan, untuk pemesanan bisa dilakukan secara langsung dengan koordinator komoditas kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di pasar tersebut.

“Nomer telpon dan jenis komoditi yang dijual oleh koordinator tersebut. Tadi sudah dirapatkan bersama kepala pasar,”tambahnya.

Ricky menyebut, untuk tehnis pengiriman nantinya diserahkan kepada para pedagang. Saat ini pihaknya akan mensosialisasikan hal tersebut kepada para pedagang pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Untuk mengantar pesanan bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa ojek di sekitar pasar maupun ojek online,” jelasnya.

Ricky berharap, usai seluruh pedagang melaksanakan metode penjualan tersebut, bisa mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 lantaran masyarakat tidak langsung datang ke pasar.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19,”pungkasnya.