DPRD KBB Ingin Tanggulangi Covid-19 Secara Cepat

Ngamprah,BBPOS- Panitia Kerja (Panja) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat percepatan Covid-19 resmi dibentuk dan siap bekerja.

Ketua Panja DPRD KBB, Bagja Setiawan mengatakan, pembentukan panja tersebut merupakan upaya untuk memaksimalkan Kabupaten Bandung Barat dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas.

“Dengan alasan itu, kami menilai perlu adanya percepatan dan pendampingan bagi gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di daerah,” katanya, Jumat (3/4).

Bagja menjelaskan, berdasarkan informasi telah dihimpun termasuk kebutuhan yang mendesak terkait penanganan Covid-19;di Kabupaten Bandung Barat. Oleh karena itu, pihaknya akan bekerja ekstra untuk ikut serta menyelesaikan persoalan Covid-19 di wilayahnya.

Secara aturan, kata Bagja, bahwa gugus tugas yang dibentuk daerah tidak mengikutsertakan Legislatif di dalamnya. Oleh karena itu, Panja dibentuk untuk memaksimalkan gugus tugas di daerah dalam menjalankan tugasnya terkait penanganan Covid-19.

“kita dibentuk untuk memastikan gugus tugas memiliki program kerja yang jelas, efektif, konkrit dan mendampingi dan realokasi anggran agar tepat sasaran dalam penanganan Covid-19,”katanya.

Bagja menyebut, selain memastikan para petugas kesehatan di lapangan bekerja secara efektif dan aman. Pihaknya pun, akan melakukan pendampingan pendataan bagi masyarakat miskin baru yang terdampak covid-19.

“Program- program yang akan diturunkan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus tepat sasaran yakni masyarakat yang terdampak langsung oleh wabah Covid-19,” katanya.

Sejauh ini, Pemkab Bandung Barat telah melakukan berbagai upaya untuk menggulirkan program yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 di wilayahnya agar tidak semakin meluas.

“Selama ini Pemkab bekerja sesuai dengan dokumen perencanaan yang sudah disepakati dan ditetapkan. Tidak pernah pemda mengerjakan sesuatu di luar dokumen perencanaan. baru terjadi kali ini,”katanya.

Ia menegaskan, kendati yang dilakukan saat ini tidak tercantum pada perencanaan sebelumnya, Pemkab Bandung Barat harus harus mampu bekerja cepat dan efektif. Sejauh ini, pemahaman dan masyarakat masih menilai kinerja Pemkab Bandung Barat masih lambat.

“Padahal menurut kami bukan lambat tapi memang memerlukan penyesuaian, karenanya kita akan mendorong menguatkan dan mendampingi gugus tugas atau pemda dalam hal menghadapi persoalan secara bersama-sama,”pungkasnya.

Struktur Panja DPRD KBB

Ketua Panja :Bagja Setiawan
Wakil Ketua :Iwan Setiawan
Sekretaris : Ahmad Dahlan