Anggota DPRD Fraksi PKS KBB Ramai-ramai Sumbangkan Gajinya untuk Tanggulangi Corona

Ngamprah, BBPOS – Anggota DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyerahkan gajinya untuk disumbangkan bagi penanggulangan wabah Covid-19. Hal itu berdasar Intruksi Presiden PKS agar seluruh anggota legislatif Fraksi PKS, mulai dari DPR-RI, DPRD Provinsi, serta DPRD kabupaten/kota untuk mengalokasikan gajinya untuk6 penanggulangan wabah Corona.

“Anggota DPRD KBB dari PKS gajinya akan dipangkas untuk membantu menanggulangi penyebaran virus Corona. Dimulai bulan Maret 2020 ini,” kata Ketua Fraksi DPRD KBB H. Nevi Hendri, Senin (30/3/2020) di Padalarang.

Menurutnya, seluruh anggota dewan PKS
KBB cukup antusias menerima instruksi dari Presiden PKS yang disampaikan melalui Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu, Jum’at, 27 Maret 2020. Ia juga menegaskan tanggap bencana PKS, bukan hanya kali ini saja. Namun sebelumnya PKS, berupaya berada di tengah-tengah masyarakat yang dilanda musibah.

Kebijakan tersebut disambut antusias Ketua DPRD KBB Rismanto, yang berasal dari PKS. Ia mengatakan, hingga saat ini seluruh anggota dewan KBB dari Fraksi PKS telah bergerak membantu masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing untuk antisipasi melebarnya virus Covid-19.

“Sebelum ada instruksi inipun rekan-rekan anggota Fraksi PKS juga, sudah bergerak di Dapil-nya masing-masing. Mereka dibantu para pengurus PKS yang tersebar sampai ke pelosok KBB,” jelas Kang Ria sapaan akrabnya..

Kang Ris, memberikan gambaran teknis pengalokasian dana hasil pemangkasan gaji para Anggota DPRD Fraksi PKS tersebut. Menurut dia, dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk memfasilitasi penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, masjid, dan lingkungan lainnya. “Bisa juga dialokasikan untuk penanggulangan lainnya yang berkaitan dengan pencegahan
penyebaran COVID-19,” tandasnya.

Kebijakan tersebut, akan terus berlangsung selama masa pandemi COVID-19 di KBB. Ini akan berkelanjutan selama wabah itu masih ada.

“Semoga juga bisa membantu menambah pengadaan APD bagi tenaga medis serta handsanitizer bagi masyarakat. Baru nanti kalau perkembangan, kondisinya sudah membaik, akan ada evaluasi tentunya,” ujar Kang Ris.

Selain itu, pihaknya akan menyiapkan Satgas Covid-19 untuk menjadi tim lapangan dalam menjalankan tugas sosialisasi serta pencegahan Covid-19. Mereka wajib memberi pemahaman kepada masyarakat terkait social distancing, agar masyarakat berpartisipasi aktif mencegah
penyebaran wabah ini.

Ia berharap, langkah yang diambil PKS tersebut bisa menambah semangat para pejuang kesehatan serta bisa memenuhi harapan masyarakat yang menantikan peran nyata partai politik dalam menanggulangi wabah ini.

“Fraksi PKS adalah representasi langsung dari PKS Bandung Bandung Barat. Mari kita bersama-sama ikhtiar agar masa-masa sulit ini segera berakhir,” tutupnya.