Kesbangpol KBB Kucurkan Dan Hibah Melalui SIPD

Ngamprah,BBPOS- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB), mulai memberlakukan hibah ormas, OKP dan LSM menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) pada tahun ini.

Kepala Kesbangpol Jaja Mengatakan, SIPD sendiri adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi pemerintah daerah lainnya, yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan daerah.

“Jadi lebih transparan akuntabel, sesuai peruntukannya untuk kemajuan Kabupaten Bandung Barat,” ujar Kepala Kesbang KBB, Jaja, kepada BBPOS Senin (23/3/2020).

Masih kata Jaja, semua ormas dalam pengajuan hibah harus ada usulan, Nanti memperopeh account dan selanjutnya mengusulkan hibas dengan meng aploud proposal dengan mengakses alamat SIPD.

“Untuk hibah diberikan secara selektif, dengan memeprhatikan azas keadilan, kepatutan dan rasionalitas” ujarnya

Jaja menambahkan, Pembinaan itu dilaksanakan kepada ormas, LSM, dan OKP agar mereka menjalankan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) secara baik dan benar.

“Kriteria pemberian hibah sekurang-kurangnya harus berdasarakan pengurusan secara spesifik telah ditetapkan, tidak wajib dan tidak mengikat bersifat tidak terus menerus setiap tahun anggaran dan memenuhi persyaratan penerima hibah,” kata Jaja.

Selain memberikan dana pembinaan, ungkap Jaja, Kantor Kesbangpol KBB melaksanakan program pembinaan. Di antaranya dengan cara menggelar sosialisasi. Kepada ormas, Lsm dan OKp.

“Jadi Implementatasi pembangunan daerah dalam pengajuan usulan hibah sekarang sistim online dan mengakses alamat SIPD.” Tandasnya