Kecemasan Covid-19 Berlebihan Bisa Turunkan Imun, Kadinkes KBB: Lakukan GERMAS

Kepala Dinas Kesehatan KBB Hernawan Widjajanto. Foto/Dok.BBPOS

Ngamprah,BBPOS – Virus Corona menjadi wabah yang mendunia dan berefek kematian. Covid-19 ditetapkan sebagai pendemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia makin masif penyebarannya, termasuk Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hernawan mengimbau agar masyarakat dalam melakukan segala aktivitas untuk menghindari keramaian. Namun tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Covid-19 bersifat self limiting disease yang hanya bisa dilawan dengan imun (sistem kekebalan, red) yang baik,” ujar Hernawan kepada BBPOS, Senin (23/3/2020).

Salah satunya, kata dia, dengan menjaga kondisi tubuh dan kebersihan diri seperti mencegah penularan virus.

Selain itu, dengan sering melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), masyarakat diminta untuk menjaga hati dan pikiran dari persepsi buruk, seperti khawatir dan cemas berlebihan yang dapat menurunkan imunitas tubuh.

“Kita harus meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang menyehatkan. Salah satu langkah Germas yang paling sederhana untuk menangkal Covid-19 adalah membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun. Ditambah kita juga harus dapat kelola stres dengan CERDIK,” tandas dia.

Selain mencuci tangan, lanjut dia, langkah Germas yang bisa dilakukan untuk mencegah Covid-19 juga adalah makan dengan gizi seimbang serta rajin berolahraga.

“Masyarakat agar selalu menjaga kesehatan tubuh dengan meminum air putih 8 gelas setiap harinya,” imbuhnya.

Beristirahat dengan cukup juga disarankan untuk dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Merokok juga tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat mengurangi ketahanan tubuh. 

1.Asupan Makanan

Bagi yang kurang asupan makanan, disarankan untuk menambahkan konsumsi sayur dan buah. Sayur atau buah bisa apa saja, sesuai dengan selera.

Buah banyak mengandung vitamin, sedangan sayur banyak mengandung serat dan menieral yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut penelitian orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit.

2.Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup.

Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.

3.Kelola Stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Stres biasanya dialami jika kita sedang banyak pikiran atau masalah.

Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat kita mudah terserang penyakit, atau terjangkit virus.

4. Rajin Beraktivitas Fisik

Olahraga sangat berguna bagi tubuh kita. Tidak hanya sehat, dengan berolahraga, orang juga dipercaya akan merasa lebih bahagia.

Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

5. Enyahkanlah Asap Rokok.

Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan alkohol.

Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia, yang memang menjadi media yang diserang virus corona covid-19.