Dispernakan KBB Pastikan Hewan Tak Tularkan Covid-19

Ngamprah,BBPOS- Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB pastikan virus Covid-19 tidak ditularkan dari hewan peliharaan. Pasalnya, jenis virus yang terdapat pada hewan berbeda dengan jenis yang menjangkit pada manusia saat ini.

“Reseptor Corona yang ada pada hewan itu berbeda dengan manusia. Jadi tidak menular kepada manusia,” kata Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dispernakan KBB, Wiwin Aprianti, Rabu (18/3).

Wiwin mengimbau, bagi masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan untuk tidak panik menanggapi fenomena saat ini. Selain itu, pihaknya pun mengingatkan agar pemilik hewan peliharaan memeriksakannya secara rutin.

“Untuk virus corona hewan berjenis alpha corona,  menyerang saluran pencernaan. Sedangkan virus corona-19 menyerang saluran pernapasan,”

Oleh sebab itu, masyarakat diminta tidak usah khawatir tertular virus corona dari hewan peliharaan karena jenisnya juga berbeda. Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung dan lainnya masih aman dipelihara sepanjang diperhatikan kesehatan.

“Peliharalah hewan dengan baik, beri kandang yang layak, pakan yang cukup, berikan pasangan dan lingkungan yg mirip dengan habitatnya, bawa ke dokter hewan secara berkala dan jangan lupa berikan vaksinasi,”katanya.

Untuk memeriksakan hewan peliharaan, kata Wiwin, masyarakat Bandung Barat bisa mendatangi Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di wilayahnya.

“Datang aja bawa hewan peliharaan ke Puskeswan Celak, Puskeswan cisarua dan klinik hewan Cimareme,” pungkasnya.