Sampah Berserakan, Pemda Bandung Barat Tampak Kumuh

Sampah berserakan di gedung A lantai satu Pemda Bandung Barat.

Ngamprah,BBPOS – Gedung Komplek perkantoran Pemkab Bandung Barat tampak tidak terawat. Hal itu terlihat dari tumpukan sampah di beberapa sudut ruangan pelayanan masyarakat tersebut.

Salah satunya terdapat di Gedung A, sampah terlihat menumpuk dan berserakan. Selain itu, tidak jarang sampah yang terkumpul di sudut gedung tersebut tidak segera diangkat untuk dibersihkan.

Salah satu warga yang datang ke Gedung A, Jefri (32) menyebut, setidaknya sampah tersebut masih di tempat yang sama sejak dua pekan lalu. Ia merasa bingung lantaran kebersihan gedung yang tak terjaga dengan baik.

“Ada 2 minggu lalu saya mengurusi data-data ke dinas pendidikan, pas saya ke pemda lagi masih saja seperti ini kondisinya,” ujar Jefri saat ditemui BBPOS, Kamis (12/3).

Dia menilai, semestinya pemerintah Bandung Barat lebih peka dan memperhatikan aspek kebersihan agar warga yang datang dibuat nyaman dengan kondisi lingkungan yang bersih.

“Kalau kotor kayak begini, nyamannya dari mana,”katanya.

Hal senada diutarakan, warga Batujajar, Fajar Panji Rahayu menurutnya, selain optimalisasi pelayanan, kenyamanan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Ia meminta, pihak terkait segera melakukan tindakan yang tepat.

“Sayang kalau dibiarkan kotor dan kumuh, ini kan kantor pemerintahan, semoga ini jadi perhatian bagi pemeintah Bandung Barat,” jelas dia.

Sementara itu Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum KBB, Tajudin menjelaskan, kebersihan lingkungan masing-masing gedung telah dilimpahkan kepada SKPD yang ada di gedung tersebut.

“Pak Sekreriat Daerah (Sekda) sudah melayangkan surat edaran, saat ini untuk pelayanan kebersihan kantor pada tahun anggaran 2020 itu di bebankan kepada Dinas Masing-Masing,”katanya.

Bahkan Tajudin menyebut, terkait kebersihan lingkungan perkantoran sudah menyebarkan surat edaran No 400/3154/ tanggal 20 Desember Tentang kebersihan tugas pokok dan fungsi Bagian Umum dilimpahkan ke setiap masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kebersihan sudah dilimpahkan kepada SKPD masing-masing,” katanya.