370 Medali PORKAB III Diperebutkan Ribuan Atlet se-KBB

Padalarang, BBPOS – Sebanyak 370 medali akan diperebutkan ribuan atlet Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang diikuti 36 cabang olahraga (cabor). Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) III Bandung Barat menyatakan setengah dari 64 Cabor yang tergabung di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) ini diikuti 16 kecamatan.

“Sebanyak 16 kecamatan yang menjadi kontingen Porkab ini, akan mengirimkan para atlet andalannya untuk bertanding memperebutkan sekitar 370 medali,” jelas Ketua PB Porkab III Bandung Barat Usep Sukarna, usai rapat koordinasi KONI KBB dengan para Pengurus Cabor, Selasa (10/3/2020) di Sekretariat KONI KBB Kotabaru Parahyangan.

Bagi kecamatan yang berhasil meraih medali emas terbanyak ditetapkan sebagai Juara Umum. Even inipun kata Usep merupakan momentum cukup tepat untuk mengangkat nama kecamatan dalam potensi olahraga prestasi.

Untuk venue pertandingan jelas Usep, akan disebar di sejumlah tempat. Para pengcab diberikan kebebasan untuk mengajukan venue untuk pelaksanaan pertandingannya. Hingga saat ini, venue olahraga Porkab III tersebar di beberapa kecamatan. Namun untuk tuan rumah kali ini dipercayakan pada Kecamatan Padalarang.

Ketua Umum KONI KBB Rian Firmansyah berharap Porkab III bisa terselenggara dengan baik. Gaung Porkab III harus terdengar ke semua lapisan masyarakat, melalui gebrakan pertandingan para Cabor.

Rian juga mengatakan jika Porkab III bisa dijadikan ajang uji coba bagi Pengcab-pengcab yang dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Pemerintah Provinsi (Porprov) Jabar tahun 2020 mendatang. Menurutnya pada Porprov nanti, ada 21 cabor di KBB yang menjadi penyelenggaranya.

“Melalui Porkab III, kita ingin menunjukan sejauhmana kesiapan KBB untuk menjadi tuan rumah di Porprov nanti,” ujar anggota DPR RI ini.

Mengingat Porkab III ini merupakan hajatan daerah, Rian mengharapkan keterlibatan semua pihak untuk mensukseskannya. Ia mengajak masyarakat KBB agar menyambut dan memeriahkan Porkab III tersebut dengan suka cita.

“Secara resmi Porkab ini akan dibuka tanggal 28 Maret nanti di Pusdikav. Saya berharap opening ceremonial-nya bisa menghibur masyarakat dengan kemeriahannya,” tuturnya.