17 Pejabat Pemkab Bandung Barat Eselon II Ikuti Uji Kompetensi, Ini Tujuannya

Sekda Bandung Barat, Asep Sodikin. (BBPOS/Hendri)

Ngamprah, BBPOS – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menggelar uji kompetensi bagi pejabat eselon II pimpinan tinggi pratama (JPTP) atau setingkat kepala dinas jelang rotasi/mutasi jabatan di lingkungan Pemda KBB.

Sekretaris Daerah Bandung Barat, Asep Sodikin, mengatakan ujii kompetensi tersebut merupakan bagian dari proses mempersiapkan mutasi eselon II.

“Sebelum tahapan itu ada uji kompetensi. Apakah rotasi dulu atau nanti langsung keputusan akhir Bupati. Ataukah langsung open biding ya ga jadi masalah. Kita sudah siap bahannya mana yang harus di rotasi itu saja,” ujar Asep di Ngamprah, Rabu (04/03/2020).

Menurut Asep, Ada 17 pejabat eselon II di Pemda Bandung Barat yang menjalani uji kompetensi pada ini.

Ia menjelaskan, uji kompetensi tersebut merupakan persiapan mutasi jabatan di organisasi prangkat daerah (OPD) yang telah disetujui oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kita normatif saja dalam rangka rotasi mutasi ini sudah program lama kita sudah mensikejulkan. Dan juga kita sudah mengajukan surat ke KASN 2 minggu lalu,” kata dia.

Asep mengatakan, uji kompetensi bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemda Bandung Barat.

Sebab, Beberapa jabatan kepala dinas di Pemda Bandung Barat masih dijabat oleh pelaksana tugas (plt).

Dengan adanya hasil ujian kompetensi, maka akan dipilih orang-orang yang tepat untuk menjabat secara definitif.

“Tujuannya ya mengisi kekosongan jabatan dan mencari pejabat berkompetensi sesuai keahliannya di beberapa OPD. Kalau dulu kan kepala daerah bisa langsung memindahkan terus lapor ke KASN. Kali ini terbalik, kami butuh persetujuan dari KASN dulu,” ujar Asep.