Hadirkan 36 Cabor, KONI KBB Siap Gelar Porkab

Ketua PB Porkab Usep Sukarna didampingi Sekertaris KONI Lili Supriatna saat konferensi pers persiapan Porkab III KBB di Padalarang. Foto: Hendri/BBPOS

Padalarang, BBPOS – Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) yang ketiga pada Maret 2020 mendatang.

“Kami sedang mengekspos kegiatan rencana persiapan Porkab sekaligus nanti ada 36 cabang olahraga yang akan dipertandingkan,” ujar Ketua PB Porkab III KBB Usep Sukarna saat konferensi pers persiapan Porkab III KBB di Padalarang, Sabtu (22/2/2020).

Masih kata Usep, Porkab ini rencananya akan dilaksanakn pada 28 Maret sampai 4 April. Sekaligus pembukaan nanti di Pusdikav Padalarang akan hadir juga Komisi X DPR RI, Ketua KONI Jabar serta atlet-atlet Nasional yang meraih emas di Seagame lalu.

“Kami menargetkan 5.000 peserta yang akan hadir di acara pembukaan yang di dalamnya terdiri dari delegasi atlet, official, wasit, mekanik dan pelatih,” katanya.

Menurut dia, kegiatan ini sengaja digelar terkait kesiapan untuk menjadi tuan rumah Porprov 2022. Nanti akan terukur bagaimana kesiapan KBB dalam rangka menyongsong persiapan Porprov 2022, karena arahan bupati tidak boleh anyang-anyangan.

“Ini akan menjadi keseriusan buat kami, jadi esensinya bahwa hari ini KBB ingin membuktikan bahwa Porkab III siap dalam penyelenggaraan pesta terbesar tingkat Bandung Barat,” sebutnya.

Usep pun menjelaskan, venue dalam tahap verifikasi hari ini terakhir, 13 Cabor diundang. Tapi venue sebagian harus di Padalarang, Ngamprah dan Batujajar karena itu adalah tuan rumah.

Sebanyak 36 cabang olahraga akan dipertandingkan. Meskipun secara total cabor yang terdata di KONI KBB ada 62 cabor, namun karena ada syarat peserta minimal dari perwakilan kecamatan, maka hanya 36 cabor yang akhirnya resmi dikompetisikan. Nantinya venue pertandingan tersebar di beberapa tempat dan yang terbanyak ada di Padalarang.

“Hanya 36 cabor yang kami pertandingkan, karena setiap cabor itu harus ada keterwakilan peserta minimal 5-7 kecamatan. Jika pesertanya kurang dari itu maka tidak akan dipertandingkan di Porkab,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris KONI Lili Supriatna menambahkan, Porkab ini hajat masyarakat Bandung Barat. Siapapun itu berarti masyarakat KBB harus ikut andil menyukseskan Porkab nanti.

Karena ini kata Lili, kemarin tim sudah lakukan Road Show ke tiap dinas mengajak hayu sama-sama kita sukseskan Porkab ini.

“Kami serius ingin mencari bibit atau atlet-atlet berpotensi putra daerah sampai pelosok desa untuk dijadikan atlet berprestasi di tingkat nasional,” katanya.

Nanti setelah Perda ke olahragaan sudah ada, PB Porkab itu harus menjadi hajat Pemda dan ada di leading sektornya. Jadi tidak di KONI lagi, jadi KONI ini terakhir menyelenggarakan PB Porkab.

“Ya minta doanya mudah-mudahan acara nanti berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

36 Cabor yang Dipertandingkan di Porkab III KBB:
1. Bola Basket
2. Bola Voli Indoor
3. Bola Voli Pantai
4. Futsal
5. Sepak bola
6. Bola Tangan
7. Bola Keranjang
8. Bulu tangkis
9. Catur
10. Squash
11. Tenis Lapang
12. Tenis Meja
13. Woodball
14. Soft Tenis
15. Pentaque
16. Angkat Berat
17. Angkat Besi
18. Atletik
19. Menembak
20. Panahan
21. Panjat Tebing
22. Renang
23. Sepatu Roda
24. Dayung
25. Gulat
26. Karate
27. Pencak Silat
28. Taekwondo
29. Tarung Derajat
30. Tinju
31. Wushu
32. Jujitsu
33. Binaraga
34. Drum Band
35. Senam
36. Balap Motor