Rosadi Bangun Jembatan Lintas Kecamatan Berbekal Kas RW

Padalarang, BBPOS – Rosadi seorang Ketua RW 04 Desa Laksanamekar Kecamatan Padalarang, berinisiatif membangun jembatan sepanjang 300 meter dengan menggunakan kas RW saja.

Rosadi yang merupakan penggiat lingkungan itu ingin menghubungkan Kecamatan Padalarang dengan Batujajar agar lebih mudah diakses masyarakat.

Kendati mengandalkan swadaya dan kas RW, Rosadi mampu melaksanakan pengurugan hingga pengerasan dengan hanya berbekal tekad untuk meningkatkan ekonomi warga Laksanamekar, Giriasih, dan Cangkorah.

Ia mengatakan, sudah puluhan tahun warga sekitar mengharapkan adanya jembatan penghubung antar desa dan kecamatan itu.

“Pemerintah desa sudah meninjau kesini. Mereka sulit mewujudkan hali ini dengan alasan pembebasan tanah. Padahal tanah ini adalah CSR milik PT. Ateja. Tapi rasanya sulit jika bersumber dari ADD,” ucapnya, dilokasi pembangunan akses jalan dan jembatan, Desa Laksanamekar, Rabu, (12/02/2020).

Rosadi meyakini walaupun dibangun sedikit-demi sedikit, jalan dan jembatan ini akan menjadi akses lintas desa. Karena, lanjut dia, tanah yang akan dilintasi merupakan milik PT. Ateja melalui program community development.

“Tapi kami tetap berjuang mudah-mudahan dari anggaran murni swadaya RW, saya bisa membuat jembatan dari beton kubus yang selanjutnya dicor,” pungkas Rosadi.