Umbara: Petugas Antar Langsung KTP ke Rumah Pemohon

Ngamprah,BBPOS- Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) KBB, Selasa (4/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Umbara menemukan puluhan siswa sekolah yang tengah mengantri untuk melakukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Usai sidak, Umbara mengatakan, melihat puluhan siswa yang rela ijin hanya untuk membuat KTP membuatnya merasa prihatin. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan program antar KTP langsung ke pemohon secara gratis.

“Usai olah raga saya ke Disdukcapil sidak, saya lihat anak sekolah yang katanya berhari-hari membuat KTP. Makanya tadi diprioritaskan tiga menit jadi,”katanya.

Saat ini, kata dia, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil KBB, terlebih bagi masyarakat yang sudah melakukan PRR dan memiliki Surat Keterangan (Suket) sebelumnya.

“Senin pekan depan, program antar gratis resmi dilaksanakan, jadi ga usah ke sini,”katanya.

Dalam waktu dekat, kata Umbara, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan rekam dan cetak KTP elektronik di kantor kecamatan masing-masing. Ia menilai, langkah tersebut akan membantu masyarakat.

“Sekarang kita optimalkan dulu sinyalnya, setidaknya masyarakat tidak repot harus ke sini dan datang shubuh. Dan perlu diingat petugas yang mengantarkan KTP jangan diberi uang karena semuanya gratis,” pungkasnya.