Calon Ketum HIPMI Jabar: Pengusaha Muda Harus Bisa Perluas Jaringan

BBPOS,Cimareme – Pengusaha┬ámuda harus lebih berani tampil untuk membangun jaringan dalam rangka mengembangkan bisnis.

Demikian harapan Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat periode 2020-2023 Rayhan Nuradithia di Gedung HBS Cimareme, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (17/1/2020).

Menurut Rayhan, era industri 4.0 para pemuda harus sudah bisa bersaing, karena kemampuan inovasi dan kolaborasi juga tidak kalah dengan para senior pengusaha lainnya dalam mengembangkan bisnis.

“Salah satu tantangan bagi para pemuda untuk terjun langsung ke dalam dunia usaha yakni mengenai psikologis dan dukungan keluarga. Meski kemampuannya ada, yang menjadi penghalang terbesar adalah dari diri kita itu sendiri,” tandasnya.

Menurut dia, bagi pemuda yang sudah menekuni bidang usahanya dapat membangun jaringan. Salah satunya ikut dalam organisasi, kata dia, seperti Hipmi meski belum mempunyai kematangan dalam mengembangkan bisnis.

“Dengan ikut organisasi, dengan sendirinya akan terbangun jaringan yang dapat memperluas dan memperkuat bisnisnya, terutama di daerah-daerah,” kata dia

Terlebih saat ini khususnya di Bandung Barat dan Jabar masih membutuhkan banyak entrepreneur, termasuk dalam rangka memajukan perekonomian nasional.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, dengan adanya Hipmi tersebut dapat menginspirasi anak muda untuk berwirausaha.

“Kita berharap HIPMI ini bisa memperkuat ekonomi rakyat dan saya yakin dengan kepemimpinan HIPMI yang sekarang bisa semakin sukses,” ucap Hengki.

Dia meminta, Hipmi agar lebih pro aktif dalam rangka menciptakan kewirausahaan di Bandung Barat.

Hanya saja, lanjut dia, tantangan ekonomi ke depan akan semakin berat. Terlebih saat ini sudah memasuki revolusi industri four point solusi dari masalah itu harus ada inovasi.

“Saatnya kita berkompetesi dan berkolaborasi untuk menghadapi tantangan ke depan, karena kita dituntut untuk lebih kreativitas,” pungkas Hengki.