Para Ketua RW Karangtanjung yang Dilantik Wajib Bersinergi dengan Kades

Cililin, BBPOS – Kepala Desa Karangtanjung Rismawan melantik sejumlah Ketua Rukun Warga (RW) periode 2019 – 2024, di GOR Desa Jl. Karangtanjung No. 01 Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat, Senin (30/12/2019). Diharapkan mereka bisa bersinergi dengan kepala desa guna mewujudkan program pemerintah.

Acara Pelantikan Ketua RW tersebut dihadiri oleh Perwakilan Camat Cililin, Kasipam, Babinsa, Pendamping Desa, Ketua BPD, para Ketua Rukun Tetangga (RT), Tim Penggerak PKK, LPMD beserta jajaran, tokoh masyarakat dan panitia penyelenggara pemilihan RW.

Kades Rismawan mengatakan, meskipun ada sedikit keterlambatan, namun pemilihan Ketua RW ini telah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 2018 tanpa ada ekses.

“Pemilihan RW sudah berjalan secara demokratis dan bertahap sejak tanggal 22 hingga 29 kemarin. Dan alhamdulillah sekarang sudah dilantik sesuai aturan,” katanya.

Kades juga mengimbau, agar para Ketua RW untuk segera melakukan konsolidasi di lingkungan masing-masing. Sebab, menurut Kades, dalam tahapan pemilihan tersebut, suara masyarakat pasti terkotak-kotak karena berbeda dukungan.

“Saya ingin mereka (RW) bisa mempersatukan suara masyarakat kembali demi kelancaran kegiatan pemerintahan desa,” kata dia.

Sedangkan Agus A. Setiawan, Kasie Pemerintahan Kecamatan Cililin membeberkan, dalam setiap pemilihan secara demokratis, pasti muncul kendala. Beruntung, kata dia, dalam pemilihan Ketua RW di Desa Karangtanjung kendalanya tidak pelik.

“Kemarin ada sedikit masalah dalam menafsirkan regulasi pemilihan RW. Harusnya kemarin ada musyarah terlebih dahulu terkait pencoblosan langsung. Tapi itu bukan masalah besar lah. Itu kan proses demokrasi,” tukas Agus.

Ia mengimbau, agar para RW terpilih bisa selalu bersinergi dengan kepala desa mengenai kebijakan yang pro rakyat muncul karena sudah ada tugas pokoknya.

“Mereka (RW) harus nurut sama kades. Kan yang melantik RW itu adalah kades,” pungkas dia.