Empat Desa di Saguling Terkena Proyek Pelebaran Jalan, 400 Bidang Lahan Dibebaskan

Foto: Ilustrasi/Net

Saguling, BBPOS – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan
pembebasan lahan untuk proyek pelebaran jalan di empat desa di Kecamatan Saguling. Desa yang terkena dampaknya yakni Cikande, Saguling, Jati dan Cipangeran dengan luas 400 bidang lahan.

“Ruas jalan yang akan dibebaskan seluruhnya 10 meter. Delapan meter badan jalan, satu meter bahu jalan kiri dan satu meter bahu jalan kanan,” ujar Kepala Seksi Pertanahan, Perumahan dan Pemakaman pada Dinas Perumahan dan Permukiman Pemda Bandung Barat, Aan Sopin kepada wartawan, Senin (30/12/2019).

Aan mengatakan, lahan warga yang terkena pelebaran jalan sejauh 11, 8 kilo meter dengan titik di Cikande sampai ujung Jalan Bendungan Saguling.

Ditanya jumlah kepala keluarga yang terkena pelebaran jalan, Aan menyebut, kurang lebih ada 400 bidang lahan warga yang dibebaskan.

“Untuk nilai pembayaran belum selesai semuanya. Cuman diperkirakan untuk Desa Saguling Rp 2,5 miliar, kalau Desa Jati Rp 1 miliar lebih sedikit. Mudah-mudahan besok sudah final sehingga terlihat berapa biaya yang mesti dibayarkan,” terangnya.