Desa Mart dan BUMdes Perkuat Ekonomi Desa

Rajamandala, BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meresmikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan melaunching Desa Mart di Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat, Jumat (27/12/2019).

Umbara mengatakan, hal tersebut merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel.

“Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional,”kata Umbara usai kegiatan.

Program tersebut merupakan inisiatif dirinya (Umbara) lantaran melihat potensi ekonomi yang cukup menjanjikan di KBB. Hal tersebut dilakukan guna mengembangkan dan meningkatkan perekonomian desa.

“Yang pastinya meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa,”paparnya.

Bupati menyebutkan pembanguan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Ia berharap, pertumbuhan BUMDdes ini menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mandiri.

“Disini kan (Desa Mart) kebutuhan masyarakat semuanya ada, mudah mudahan semakin maju dan berkembang,”pungkasnya.