Bupati akan Jadikan CIC Sebagai Pusat Perkemahan Pramuka

Ngamprah, BBPOS – Bupati Bandung Barat H. Aa Umbara Sutisna akan menjadikan Ciwangun Indah Camp (CIC) milik H. Kosasih sebagai lokasi perkemahan alternatif di Jawa Barat. Namun, untuk menggunakan dana dari pemerintah tidak memungkinkan bisa dilaksanakan secepatnya karena menyangkut mekanisme penyusunan APBD.

“CIC ini akan kita jadikan pusat perkemahan, nantinya bisa dipergunakan minimal untuk kegiatan perkemahan tingkat Jabar,” kata Umbara, disela-sela kegiatan Penilaian Kwarcab Gerakan Pamuka Tingkat Jabar untuk Kwarcab KBB, Minggu (22/12/2019) di CIC.

Menurut dia, untuk menjadikan CIC sebagai tempat perkemahan alternatif di Jabar, terlebih dahulu area di sekitarnya perlu ada perombakan.

“Untuk sarana dan prasarana yang dianggap telah tersedia, tinggal dioptimalkan saja. Begitu juga dengan fasilitas yang belum ada, maka kita akan berupaya membantunya,” tandasnya.

Yang terpenting, lanjut dia, infrastruktur untuk akses ke lokasinya harus disiapkan.

“Kita siap membantunya. Tapi jalannya harus ditingkatkan dulu menjadi jalan kabupaten sehingga ada dasar kita membangunnya,” ujar Majelis Pertimbangan Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka KBB ini.

Ia berharap pembangunan jalan menuju CIC tersebut bisa dilaksanakan secepatnya. Namun untuk mengambil pos APBD KBB, menurut dia tidak memungkinkan bisa dilaksanakan secepatnya karena menyangkut mekanisme penyusunan APBD.

“Kita akan upayakan cari celah untuk membangun bumi perkemahan ini. Sekarang kita tinggal merancang bagaimana MoU- nya bisa dilaksanakan secepatnya,” ujar Umbara.

Ketua Kwarcab KBB Aseng Junaedi mengatakan, sangat berlega hati dengan adanya respon positif dari bupati tentang dukungan bupati selaku Mabicab untuk pengelolaan CIC. Konsep ke depannya CIC tersebut akan dijadikan Pusat Interaksi Gerakan Pramuka yang dilengkapi dengan fasilitas lainnya.

“Tentunya saya sangat berterima kasih dengan respon luar biasa dari Kamabicab ini, termasuk kepada Pak Haji Kosasih selaku pengurus Kwarcab yang memberikan ruang bagi Kwarcab untuk berkiprah lebih leluasa lagi,” ujar Aseng.

Sebagai bentuk kesiapan kwarcab mengelola CIC, untuk aktifitas sekretariat ditambah lagi di kawasan daerah tersebut. “Jadi aktivitas kita, selain di Seketariat Pasirhalang, lalu di Buper Saguling, kini jadi tiga di sini (CIC). Alhamdulillah selalu ada jalan untuk kwarcab agar lebih meningkatkan aktivitas kita,” pungkas Aseng.