Padalarang Mati Listrik Sehari Semalam,Ini karena Proyek U-Ditch

Petugas PLN sedang memperbaiki kabel yang terkeruk oleh Beckhoe proyek U-Ditch di kampung kepuh Rt 01/13 Desa Padalarang, Selasa (17/12/2019).Foto: Hilman/BBPOS

PADALARANG, BBPOS – Pemadaman listrik oleh PLN di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) pecahkan rekor terlama sepanjang sejarah sejak Senin siang (16/12) hingga selasa (17/12). Sejumlah wilayah lain di KBB ikut terdampak pedalaman listrik seperti Ngamprah, Cikalong dan beberapa wilayah lainnya.

Hendri (33) warga Kepuh Perum Techno Regency mengaku, pemadaman listrik dari kemarin (16/12) pukul 11.00 hingga sekarang (17/12) pukul 09.00 listrik belum nyala.

“Duh naha lilila lila teuing iye pareum listrik, (kenapa lama listrik padam), pekerjan saya terbengkalai,” ujar Hendri ketika ditemui BBPOS di kediamannya RT 01/11 Desa Padalarang Kecamatan Padalarang.

Hendri menambahkan, pemadaman listrik ini dikarenakan ada proyek saluran U-Ditch di sepanjang jalan kepuh. “Ya saya dengar padam listrik ini gegara kabel gardu PLN terkeruk oleh beckhoe, mungkin pas waktu menggali operator tidak mengetahui ada kabel PLN,” ungkapnya.

Disinggung terkait siapa yang salah, Hendri mengatakan, tentunya pengembang proyek tersebut. “Ya salah pengembang, kalau saya liat sih gak ada papan proyek. Itu kan proyek anggran APBD loh. Kemudian bagi keselamatan pengguna jalan tidak ada papan peringatan. Coba liat, kan itu kedalamnya juga lumayan. Kalau pengguna jalan tidak hati-hati bisa masuk kesana,” ujarnya

Ditempat berbeda, Ade Durachman (39) mengatakan, pemadaman listrik sungguh merugikan dan semua pekerjaan jadi terhambat.

“Saya mengambil air untuk kebutuhan hidup, sampai ngambil dari Rancabali dari saudara saya kemarin, tapi alhmadulilah tadi jam 7 pagi listrik sudah menyala. Tapi saya dengar wilayah Perum Techno belum nyala,” tandasnya.

Bagian jaringan PLN Cimahi Kondang mengatakan, ganguan akibat padam listrik di wilayah Padalarang dikarenakan, gardu kabel yang ada di bawah jalan terkeruk beckhoe hingga kabel mengalami kerusakan.

“Kami dari kemarin Senin (16/12) sedang memperbaiki kabel yang rusak oleh proyek pemasang saluran U-Ditch,” ujar Kondang saat ditemui BBPOS di lokasi.

Masih kata Kondang, memang kemarin dampak dari kabel ini sampai meluas hingga Ngamprah dan sampai Cikalong, tapi semua bisa diatasi.

“Untuk hari ini ada dua titik yang rusak terkena beckhoe, tapi kami dengan tim bekerja yang terbaik untuk masyarakat supaya listrik nyala kembali,” ujarnya.