Asyik! Anak-anak Bersekolah Lagi, Jembatan Darurat KBB-Cianjur Segera Dibangun

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memberikan bantuan korban Longsor Bukit Cisarongge, Minggu (15/12/2019). Foto:BBPOS/Hendri

GUNUNGHALU,BBPOS- Longsor Bukit Cisarongge yang memutus jalur alternatif menuju Cianjur membuat orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat (KBB) H. Aa Umbara Sutisna bergerak cepat.

Bupati ini akan mengirimkan bantuan anggaran untuk membangun jembatan darurat di Desa Cilangari Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat.

Meski memutus akses jalan alternatif, namun warga masih bisa menggunakan jalur lain,  jadi tidak ada yang sampai terisolir.

Antisipasi warga dan keamanan menjadi hal pokok yang utama, Belanja Tak Terduga (BTT) Jembatan darurat akan segera dipersiapkan guna mempermudah akses bagi penduduk setempat.

“Kita akan siapkan segera jembatan darurat untuk mempermudah akses jalan terutama untuk anak-anak agar bisa bersekolah kembali,” ujar Umbara saat berkunjung ke lokasi, Minggu pagi (15/12/2019).

Umbara mengimbau agar kepala dinas terkait mempercepat pengiriman bantuan guna mengantisipasi bencana susulan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, untuk penanganan longsor di Kampung Hegarmanah Desa Bunijaya Kecamatan Rongga, pihaknya akan mendirikan jembatan darurat dari bambu yang menghubungan akses dari Kp. Lembur Awi ke Kp. Hegarmanah sepanjang 70 meter.

“Jembatan darurat diperlukan untuk membuka akses jalan yang tertutup longsoran pada Jumat 6 Desember 2019. Dengan terbukanya akses jalan diharapkan aktivitas warga masyarakat bisa kembali normal baik yang akan ke sekolah, melakukan aktifitas perenokomian dan kegiatan beribadah,” sebutnya.

Selain membangun jembatan darurat, Pemda juga akan memperbaiki saluran air bersih yang terputus dengan menyediakan selang dan torn untuk penampungan air bersih.

“Selanjutnya kami juga akan melakukan perbaikan TPT jalan di Kp. Cihindeung Desa Bunijaya yang terputus akibat pergerakan tanah,” pungkasnya.