112 Kades Terpilih di Bandung Barat Dilantik Usai Salat Subuh Berjamaah

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wandiana. Foto: BBPOS/Hendri

Ngamprah,BBPOS – Pemkab Bandung Barat sukses melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 112 desa, beberapa waktu lalu. Rencananya, 112 kepala desa baru terpilih itu akan dilantik, Jumat (27/12) mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB yang juga sebagai Wakil Ketua Pilkades KBB, Wandiana mengatakan, pelantikan akan dilakukan dini hari dengan rangkaian awal salat subuh berjamaah.

Menurutnya, pengambilan sumpah janji akan dipimpin langsung oleh Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna.

“Untuk pelantikan 112 Kades terpilih nanti, prosesi bakal diawali dengan salat subuh berjamah bersama Bupati, lalau dilanjutkan dengan pelantikan,” ujar Wandi saat dihubungi lewat saluran telepon, Selasa (10/12/2019).

Disinggung terkait calon kades yang masih belum puas dengan hasil seleksi Unjani, Wandi memastikan hal itu tetap tidak akan menggangu pelantikan dan tahapan akhir Pilkades.

Ia juga mempersilahkan bagi calon yang ingin menempuh jalur hukum di Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Bandung. Pasalnya, ia merasa pelaksanaan Pilkades telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kemarin para Calon kades yang tidak lolos seleksi Unjani mereka pakai kuasa hukum, silakan itu di PT UN kan saja. Panitia sejauh ini sudah mejlankan tugas sesuai mekanisme aturan serta tahapan berdasarkan Perbub No 35 tentang Pilkades,” ucapnya.

“Kami berharap acara pelantikan nanti berjalan lancar, saya minta doanya saja dari masyarakat KBB,” tambah Wandiana.

Sementara itu, salah satu Kades terpilih, Karom mengaku saat ini sudah lega dan bersiap untuk mengemban amanat dan kepercayaan masyarakat dalam memajukan Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.

“Semoga amanat yang dititipkan ini dapat menjadi modal dan motivasi untuk Desa Padalarang yang lebih baik lagi,” ujarnya.