PWI KBB Goes To School

Cisarua, BBPOS – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung Barat, menggelar pelatihan jurnalistik kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cisarua.

Program tersebut guna memberikan pengetahuan terkait produk jurnalistik. Selain itu, para peserta diberi keterampilan menulis berita di era digital.

Ketua PWI Bandung Barat, Heni Suhaeni mengatakan, Wartawan merupakan tempat masyarakat untuk menyampaikan aspirasi sehingga mendapatkan tempat yang terhormat melalui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Heni Suhaeni, Ketua PWI KBB memberiKan penghargan kepada peserta worskhop jurnalistik

“PWI Goes To School, artinya para siswa harus paham antara media sosial dan media masa. Lalu, hal ini pun dilakukan guna menangkal informasi hoax di kalangan pelajar,” Ujar Heni saat memaparkan materi kepada siswa di SMKN 1 Cisarua, Sabtu (9/11/2019).

Menurut dia, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan mengenai dunia jurnalistik dan segala pernak perniknya.

“Materi yang disampaikan tidak hanya menangkal informasi hoax. Tapi kita pun berikan pemahaman bagaimana cara menulis berita, tehnik wawancara dan juga mengenai jurnalistik cetak, online dan elektronik,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Yeyet Sri Mulyanawati mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak PWI Bandung Barat yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik di SMKN 1 Cisarua.

“Karena pers ini sangat berperan penting dalam menyajikan informasi. Terlebih di Bandung Barat, SMKN 1 Cisarua yang dipilih oleh PWI dalam pemahaman pelatihan jurnalistik,” ungkap Yeyet Sri Mulyanawati.

Oleh karena itu ia mengharapkan, kedepan para siswa siswa SMKN 1 Cisarua dapat memahami bagaimana cara memilih mana berita fakta dan hoax. Terlebih para siswa pun akan tahu bagaimana cara menulis dan merangkai kata dengan baik. (Wit)