Tinjau Gedung Uji Kir, Bupati KBB: Ini Termewah di Jabar

Tagog Apu, BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meninjau langsung alat uji kir Dinas Perhubungan (Dishub) KBB, di Cikamunding, Kecamatan Padalarang, Rabu (6/11/2019).

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengapresiasi peluncuran alat uji kendaraan itu. Menurutnya, uji kir berbasis digital yang diluncurkan Dishub KBB merupakan terobosan baru di Jawa Barat.

“Intinya prestasi yang disuguhkan ini buat pelayanan masyarakat. Dan ini bukan hanya untuk pelayanan masyarakat Bandung Barat saja. Boleh dari mana-mana,” ujarnya.

Aa mengatakan, untuk tahun depan Pemkab Bandung Barat akan menyiapkan anggaran untuk menambah satu paket alat penguji lagi untuk mengisi lahan yang masih kosong.

Ia juga berharap, hadirnya alat uji berbasis digital ini mampu mendongkrak Penghasilan Asli Daerah (PAD) Bandung Barat.

“Minimalnya ini jadi PAD. Saat ini kan sudah 100 mobil per hari satu line alat uji. Kalau saja ada dua paket uji, PAD bisa sampai Rp5 miliar per bulan,” katanya.

Meski demikian, penampilan di area masih kurang. Aa mengatakan, akan menambah desain dan beberapa fasilitas seperti kafe dan mini market.

Sementara itu, Kepala Dishub KBB, Ade Komarudin mengatakan, area uji kir akan dilengkapi dengan konsep go green dan dipenuhi mural bergambar wisata di KBB.

“Kita juga akan menggunakan pola drive thru jadi si sopir tidak akan turun. Setelah ada uji, dia langsung pulang,”katanya.

Selain itu, pola pembayaran juga menggunakan konsep e-money untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran.

“Kalau pakai drive tru memang bisa lebih cepat. Hasilnya bisa langsung diambil. Kendaraan ini lulus uji atau tidak hasilnya langsung keluar,” ujarnya.