IKIP Siliwangi Gelar Seminar Hasil PDS 2019

Cimahi, BBPOS – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung menyelenggarakan Seminar Hasil program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS), di Aula IKIP Siliwangi, Rabu (30/10/2019).

Program PDS tersebut merupakan kali kedua yang diperoleh IKIP Siliwangi dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristekdikti dimana IKIP sejak tahun 2018.

“Kegiatan seminar hasil PDS ini dihadiri oleh para dosen dan guru pelaksana PDS, para kepala sekolah, perwakilan dinas pendidikan, Tim SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan unsur pimpinan IKIP Siliwangi,” ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik IKIP Siliwangi, Euis Eti Rohaeti, Rabu (30/10/2019).

Ia menjelaskan, pada seminar tersebut para dosen mempresentasikan temuannya saat melaksanakan PDS di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung di beberapa sekolah.

“Kegiatan PDS ini mendapat respon positif dari para guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan. Bahkan karena dosen-dosen dalam pembelajarannya berbasis IT dan digital, kami diminta oleh dinas pendidikan untuk memberikan pembinaan secara berkelanjutan kepada guru-guru,” katanya.

Selain itu, kata Euis, laporan PDS IKIP Siliwangi juga diminta untuk disampaikan ke pemda kabupaten/kota setempat. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan di tempat diselenggarakannya program PDS.

“PDS nantinya dijadikan bahan pertimbangan bagi Kabupaten/kota dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya,”katanya.

Euis menyebut, kegiatan PDS yang dilaksanakan paba bulan juli-oktober 2019 itu mendapat respon positif dari beberapa pihak. Tidak terkecuali pihak sekolah yang menilai kegiatan PDS tersebut harus rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Para kepala sekolah umumnya berharap, program ini tetap dilanjutkan krn memberi nuansa tersendiri dalam peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas,” katanya. (Dra)