Angin Kencang Terjang 4 Desa di Kabupaten Bandung Barat

Ngamprah, BBPOS – Tujuh rumah dan satu unit kendaraan roda empat mengalami kerusakan akibat musibah angin kencang yang terjadi di dua Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Senin (21/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD KBB menyebut, tujuh rumah yang mengalami kerusakan tersebut berasal dari lima kampung di tiga desa yang berada di Kecamatan Cisarua dan Parongpong.

“Untuk yang di kecamatan Parongpong meliputi Desa Cigigur Girang, Cihideung dan Karyawangi. Sementara di Kecamatan Cisarua terjadi di Desa Padaasih,” ujar Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo, Kamis (21/10/2019).

Ia menambahkan, untuk kejadian angin kencang yang menimpa Kampung Cihideung Rt 03 Rw 07, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong menyebabkan satu unit kendaraan roda empat rusak lantaran tertimpa pohon tumbang.

“Ada satu rumah mengalami rusak berat milik bapak Bujang (52 Th) warga Kp. Cipanas RT 2 RW 5 Desa Padaasih Kecamatan Cisarua,” tambahnya.

Untuk saat ini, kata Duddy, pihak BPBD KBB telah melakukan evakuasi di daerah terdampak angin puting beliung tersebut.

Ia mengimbau, kepada masyarakat Bandung Barat untuk senantiasa mewaspadai terjadinya bencana angin kencang yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Agar berhati-hati apabila berada diluar rumah dan tetap mewaspadai potensi angin kencang yang sewaktu-waktu dapat terjadi, hindari bangunan dan pepohonan yang mudah roboh atau tumbang,” katanya. (Dra)