Umbara Apresiasi Program Dompet Sosial Kwarcab Pramuka KBB

Aa Umbara Sutisna Bupati Bandung Barat, sebelum launching Dompet Peduli Sosial Kwarcab menyuapi Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Aseng Junaedi pada saat Tasyakur Bini'mah HUT Pramuka KBB ke-58, Rabu (15/9/2019). Foto:Bandungbaratpos.com/Hendri

Cimareme,BBPOS –Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengaku bangga dan tidak menyangka Kwartir Cabang Pramuka KBB berhasil menghimpun dana melalui program “Peduli Dompet Sosial”.

Pasalnya, dalam kurun waktu dua bulan terkumpul uang per 16 oktober 2019 sebesar Rp13.567.000. Hal itu menjadi sesuatu hal yang luar biasa bagi Umbara yang ditunjukan Kwarcab gerakan Pramuka Bandung Barat.

“Terus terang saja bapak sangat mengapresiasi Dompet Peduli Sosial yang digagas Kwarcab ini. Bapak menghimbau pada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) KBB untuk memiliki kepedulian dengan program ini,” ujar Umbara, usai melaunching Dompet Peduli Sosial Kwarcab Pramuka KBB padaHUT Pramuka Tingkat KBB ke-58 di Aula HBS Jalan Raya Cimareme, Rabu (16/10/2019).

Menurut Umbara, untuk di ruang lingkup Pemda KBB saja jumlah ASN mencapai 8.000-an. Jika mereka menyisihkan hartanya Rp50.000/ bulannya maka Dompet Peduli Sosial Kwarcab bisa mencapai Rp40.000.000/ bulan.

Jumlah tersebut bakal besar lagi jika ditambah sumbangan masyarakat lainnya. Ia meyakini Dompet Peduli Sosial yang digagas Pramuka tersebut, bisa membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu. Oleh karena itu, Umbara mengajak para ASN di KBB untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Nggak usah besar-besar juga, kalau yang nyumbangnya banyak lumayan bisa terkumpul dana yang banyak juga. Saya berharap Dompet ini, bulan depan jumlahnya berlipat,” ucap bupati, yang merangkap jabatan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka KBB ini.

Sementara itu ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Junaedi mengatakan, Dompet Peduli Sosial Gerakan Pramuka merupakan salah satu program social Kwarcab. Ia sangat berterima kasih apresiasi yang disampaikan bupati pada program tersebut.

“Alhamdulillah, program pramuka di KBB selalu diapresiasi Ka Mabicab. Kwarcab bisa sukses menyelenggarakan berbagai program juga, berkat bantuan beliau (Bupati), “ tuturnya.

Sinergitas yang ditunjukan antara Ka Mabicab dengan Kwarcab Gerakan Pramuka KBB tersebut mendapat perhatian khusus dari Kwarda Jabar. Ketua Harian Kwarda Pramuka Jabar Baim Setiawan menilai antara Kwarcab dan Mabicab, terjalin kerjasama yang baik.

“Sehebat apapun Kwarcab, tanpa dukungan Kamabicab programnya tidak berjalan dengan bagus. Peranan bupati selaku Kamabicab ikut menyokong keberhasilan Kwarcab,” ucap Baim. (Hens)