Umbara Alokasikan CSR Atasi Permasalahan Lingkungan

Lembang, BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bakal mendorong pihak pengusaha swasta untuk berperan aktif dalam mengatasi permasalahan lingkungan terutama sampah.

Hal itu diungkapkannya usai menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan peran masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup, di Grafika Cikole, Lembang, Kamis (10/10/2019).

Umbara menilai, CSR perusahaan yang ada di Kabupaten Bandung Barat masih minim dialokasikan untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup.

“Saya sepakat dengan pernyataan pa kadis (DLH) KBB bahwa anggaran CSR untuk lingkungan masih kurang,” katanya.

Umbara mengatakan,sampah memang menjadi masalah yang sulit dihindari di setiap daerah tidak terkecuali di KBB. Terlebih, Bandung Barat menjadi tujuan utama wisatawan menghabiskan waktu liburan.

“Jumat Sabtu dan Minggu wisatawan banyak yang berkunjung ke Bandung Barat secara otomatis sampah pun banyak,”katanya.

Lebih lanjut Umbara mengatakan, kepedulian dunia pendidikan terhadap permasalahan sampah perlu didukung oleh pemerintah daerah dan swasta.

“Keberpihakan siswa dan sekolah terhadap masalah sampah wajib didukung semua pihak. Untuk itu pemerintah daerah hadir,” katanya.

Disinggung wartawan terkait peran Pemda Bandung Barat dalam memfasilitasi swasta menyalurkan CSR-nya, Umbara menegaskan, dalam waktu dekat perkumpulan pengusaha se-KBB bakalan segera dikukuhkan.

“Pengurus CSR lumpaat akan dikukuhkan dalam dua pekan ke depan, para pengusaha dikumpulkan dalam satu wadah dan sebagian CSR nya akan disalurkan untuk mengatasi permasalahan sampah,” pungkasnya. (Dra)