Air Situ Ciburuy Surut, Pengusaha Perahu Banting Stir

Padalarang, BBPOS – Akibat musim kemarau volume air danau wisata Situ Ciburuy kian menyusut, para pengusaha perahu sewa pun terpaksa banting stir.

Pasalnya, objek wisata yang berada di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat tersebut ketinggian air berkurang hingga 2 meter.

Berdasarkan pantauan BBPOS, pengunjung pun bisa turun dan berjalan di tepian danau yang mengering. Kendati sejumlah warga masih tetap melakukan aktivitas menangkap ikan.

Pemilik usaha sewa perahu, Aji (64) mengaku dirinya terpaksa memarkirkan beberapa perahu miliknya dan beralih ke profesi lain.

Hal itu dilakukan guna mengurangi resiko kerusakan pada perahu lantaran kondisi Situ Ciburuy yang kian mendangkal.

“Kalau dipaksakan perahu jalan, kincirnya akan terkena lumpur. Kan gak baik juga. Jalan sih bisa aja tapi kan airnya ntar jadi keruh,” ucap Aji saat ditemui BBPOS, Kamis (2/10/2019).

Hingga saat ini, kata Aji, terhitung sebanyak 23 perahu terpaksa berhenti. Para pengelola sewa perahu memilih beralih profesi sementara hingga debit air meninggi lagi.

“Dampaknya mah ke penyewaan perahu sama yang punya warung yang saat ini hanya sebagian dagang. Kalau Minggu juga enggak seramai kalau airnya lagi banyak,” imbuh dia.

Ia mengaku, pendapatannya pun turun drastis jika dibandingkan dengan hari biasa. Untuk itu ia berharap musim hujan segera datang.

“Saya berharap musim hujan segera tiba,” harapnya. (Wit)