IKAPTK KBB Gelar Baksos untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Lembang, BBPOS – Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) KBB menggelar kegiatan bakti sosial bagi penyandang disabilitas bertempat di Grafika Cikole, Lembang Minggu (29/9/2019).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara tersebut, para peserta disuguhkan berbagai kegiatan yang menghibur yakni berupa aktivitas outbond.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Outbond Bersama Disabilitas dan Yatim Piatu, Bermain Bersama, Bahagia Bersama” juga disediakan 75 paket bingkisan serta beberapa buah kursi roda.

Ketua Pelaksana bakti sosial IKAPTK KBB, R Eriska Hendrayana mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian nyata IKAPTK KBB terhadap penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Kegiatan baksos ini sebagai wujud kepedulian IKAPTK terhadap anak anak berkehutuhan khusus,” katanya disela-sela kegiatan, Minggu (29/9/2019).

Ia menyebut, para peserta berasal dari tiga kecamatan yang di Bandung Barat, tepatnya Kecamatan Padalarang, Ngamprah dan Lembang.

“Untuk ke depannya kita datangkan dari wilayah lainnya,” katanya.

Ia berharap, kegiatan baksos bagi anak berkebutuhan khusus ini bisa menjadi agenda rutin IKAPTK KBB.

“Kayaknya program ini bakal diteruskan, semoga desember bisa bikin lagi buat wilayah lain di KBB,” tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, kendati memiliki keterbatasan fisik para penyandang disabilitas juga banyak yang menorehkan prestasi dalam berbagai bidang.

Oleh karena itu ia mengajak semua komponen bangsa berperan aktif dalam memperhatikan penyandang disabilitas dari berbagai sudut. Bukan saja hak mendapatkan pendidikan namun juga mendapatkan pekerjaan, kesejahteraan sosial dan pelayanan publik.

“Hak penyandang disabilitas harus diperlakukan  sama. Momentum ini harus dimaknai sebagai peneguhan komitmen kepedulian kita semua mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan disabilitas,” tegas Bupati.

Ia berharap, kegiatan serupa bisa dilangsungkan di wilayah lain di Kabupaten Bandung Barat. Hal itu kata dia, supaya kebahagiaan ini dapat dirasakan oleh anak berkebutuhan khusus lainnya.

“Saya berharap kegiatan baksos IKAPTK KBB berlanjut untuk anak-anak berkebutuhan khusus di wilayah lainnya,” harapnya. (Dra)