Bupati Geram, Lihat Ruangan Pelayanan PBB Kotor

Ngamprah, BBPOS –Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna kecewa lantaran kondisi ruangan Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kotor dan tidak terawat dengan baik, Jumat (27/9/2019).

Ruangan yang berada di Gedung C lantai 1 Komplek Pemda Bandung Barat tersebut, terlihat debu tebal yang menempel pada rak dokumen. Tak pelak akibat kesal Aa Umbara langsung membersihkannya sendiri.

Selanjutnya Umbara langsung menunjukkan tissue yang penuh debu tersebut kepada pegawai yang berada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

“Nih buat kamu,” ujarnya seraya kesal.

Tidak berhenti sampai di situ, bupati juga mengelap meja-meja yang berada di sekitarnya. Aksi bupati tersebut disaksikan sejumlah pejabat, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta sejumlah warga yang tengah bertransaksi di loket bjb.

“Minimal satu orang membersihkan mejanya sendiri. Jadi tidak kotor kayak begini. Kok bisa bekerja dengan kondisi kayak begini,” sambung Umbara kesal.

Sementara itu staff Bidang Pelayanan PBB yang berada di lokasi terlihat nampak malu. Namun demikian, Kepala Bidang PBB Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) KBB, Rega yang telat datang ke tempat itu, tidak bisa berbuat banyak. Ia hanya manggut-manggut dan salah tingkah.

Umbara mengatakan, selain merasa heran lantaran ruangan kotor, ketika masuk ruang pun disambut sederet sepeda motor dinas di salah satu sudutnya, yang kotor dengan debu.

“Bapak kan minta supaya semuanya menjaga kebersihan. Tidak harus dikerjakan oleh sendiri, Kasi, Kabid tinggal memerintahkan aparatnya supaya membersihkan mejanya masing-masing. Biar office boy tinggal membersihkan ruangannya,” tegas Umbara.

Ia menyatakan heran dengan kondisi para aparatnya yang bisa bekerja dengan kondisi sekelilingnya tidak nyaman.

“Kok bisa, setiap hari pegang pulpen bekerja di atas meja kotor, asbak kotor dan di situ ada cemilan. Padahal bapak ingin Bandung Barat ini bersih, mulai dari lingkungan, bersih orangnya sampai bersih hatinya juga, ” tegasnya. (Nie)