FORMI KBB Bertekad Memasyarakatkan “Kaulinan” Tradisional

Usep Sukarna, Ketua Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) KBB, saat menghadir hari olahraga nasional di plaza mekarsari, jumat (13/9/2019). Foto:BBPOS/suwitno

Ngamprah, BBPOS – Ketua Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) KBB, Usep Sukarna bertekad membudayakan kembali olahraga tradisional kepada masyarakat di Bandung Barat.

Usep menilai, saat ini minat generasi muda dalam memainkan permainan tradisonal masih minim. Hal itu menjadi motivasi bagi dirinya untuk menghidupkan kembali “kaulinan” tradisonal.

“Ke depannya FORMI akan hadir memasyarakatkan olahraga tradisional kepada masyarakat, dan itu menjadi motivasi kita,” katanya saat ditemui usai kegiatan peringata Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kabupaten Bandung Barat, Jumat (13/9/2019).

Ia menambahkan, perkembangan zaman saat ini memang sedikitnya berpengaruh terhadap minat generasi muda khususnya di Kabupaten Bandung Barat dalam berolahraga tradisonal.

“Program FORMI KBB ingin memasyarakatkan kembali seni dan olahraga tradisional,” katanya.

Ia menjelaskan, asyiknya bermain permainan tradisional hanya pernah dirasakan dan dinikmati generasi yang saat ini berumur 50 tahunan.Padahal kata dia, kenikmatan melakukan permainan tradisional mempunyai kepuasan tersendiri.

“Permainan zaman dulu sangat mengasyikan sekali, dan hal itu harus kembali bangkit dan dirasakan oleh generasi muda saat ini,” katanya.

Usep menegaskan, membudayakan kembali “kaulinan” tradisional harus dimulai dari sendiri dan saat ini juga. Jangan sampai permainan tradisional hilang dari kebiasaan generasi muda saat ini.

“Ngamumule permainan tradisional kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi,” pungkasnya. (Dra)