Kesbangpol KBB Serukan Masyarakat Jaga Kondusipitas Mejelang Pilkades

Ngamprah,BBPOS – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat siap menjaga kondusifitas disetiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Kepala Kesbangpol KBB, Jaja saat ditemui di Masjid Ash-Shidiq, Komplek Pemda Bandung Barat, Rabu (11/9/2019).

Jaja mengatakan,  pihaknya kini telah melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan Koramil, Polres, Pol PP, dan babinsa yang ada di tiap desa penyelenggara Pilkades serentak. 

” Ada 112 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak 2019,”katanya.

Ia menambahkan, Kesbangpol bakal menjalankan fungsi pengawasan dalam setiap tahapan sesuai tupoksi yang dimiliki terutama pasca terselenggaranya Pilkades serentak tersebut. 

“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pernah ada riak-riak yang mengindikasikan terjadinya konflik. Tapi alhamdulillah bisa teratasi dan berjalan lancar,” ujarnya. 

Dikatakan Jaja,  pada penyelenggaraan Pilkades pada 24 November 2019 mendatang, Kesbangpol mulai melakukan pemantauan dari sebelum, pada saat pelaksanaan, hingga setelah pelaksanaan. 

” Menyiasati indikasi terjadinya konflik, kita akan tempatkan intel dan memantau psikologis masyarakat yang ada di desa tersebut, kemudian bisa dilihat dari proses kampanye yang dilakukan oleh masing-masing masa pendukung calon kades,”kata Jaja.***