Umbara Tegaskan Perusahaan Pegang Komitmen Berantas Pengangguran

Cimareme, BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meminta para pengusaha yang menjadi penyedia lowongan kerja (loker) dalam Job Fair Akur tahun 2019 konsisten setiap tahun menyelenggarakan kegiatan serupa.
Umbara mengatakan, seyogyanya perusahaan dapat mengakomodir tenaga kerja asal daerah setempat. Itupun, jika para pelamar tersebut memenuhi kriteria perusahaan serta syarat-syarat yang dibutuhkan lengkap.

“Saya minta perusahaan konsisten dengan apa yang menjadi komitmennya. Akomodir untuk tenaga kerja kita,” ujarnya, usai membuka Job Fair Akur 2019 di Aula HBS-Cimareme, Selasa (10/9/2019).

Ia menambahkan, jika perusahaan tidak memberikan kesempatan bagi para pencari kerja di KBB, justru akan menjadi beban moral bagi Pemerintah Daerah (Pemda). Oleh karena itu, bupati minta pihak perusahaan pegang teguh komitmen demi merealisasikan program Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur) dalam mengatasi persoalan pengangguran.

Menurutnya, Job Fair tersebut merupakan salah satu media Pemda dalam menekan angka kemiskinan. Ia berharap dengan berkurangnya angka pengangguran, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan saja, angka pengangguran di kita tiap tahunnya berkurang. Tahun ini berkurangnya lebih besar lagi,” tegasnya.

Upaya yang dilakukan Pemkab untuk menurunkan angka pengangguran tersebut selain bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan melalui rekrutmen pegawai di Job Fair, juga menciptakan wirausaha-wirausaha baru.

Langkah yang diambilnya untuk itu, salah satunya dengan melakukan pelatihan kewirausahaan. Dalam waktu dekat, ia menggandeng beberapa kementrian memberikan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat KBB.

“Satu atau dua minggu ke depan, kita memberikan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan untuk 1.000 orang. Untuk pemodalan atau buyernya juga sudah kita siapkan,” terang orang nomor satu di KBB ini.

Ditegaskan Umbara, selama ini Pemkab Bandung Barat tidak pernah berdiam diri agar masyarakat KBB sejahtera. Program-program yang digulirkannya selama ini, pada akhirnya bertujuan untuk mewujudkan masyarakatnya yang sehat, bahagia, bersih, indah dan caang.

“Makanya saya selalu mengajak para SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk lumpaaat (lumampah membawa manfaat/ jargon Akur) untuk mewujudkan semua itu,” pungkas Umbara. (Nie)