Curug Malela Dibenahi, Ini Kata Umbara

Rongga, BBPOS – Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya merealisasikan pembenahan sarana dan prasana objek wisata Curug Malela.

Hal itu dibuktikan dengan peletakan batu pertama di kawasan wisata yang terdapat di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga tersebut oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Selasa (10/9/2019).

Aa Umbara Sutisna mengatakan, tahun ini Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelontorkan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk biaya perbaikan sarana prasarana destinasi wisata di Bandung Barat Selatan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan kenyamanan terhadap wisatawan.

“Saat ini, Jabar sudah ada program unggulan. Salah satunya meningkatkan kawasan wisata, sebab dimana ada lokasi wisata. disana akan tumbuh peningkatan perekonomian bagi masyarakat,” ujar Aa Umbara saat menghadiri peletakan batu pertama di kawasan wisata Curug Malela, Selasa (10/9/2019).

Peletakan batu pertama oleh Aa umbara ditemani Dustirawati kepala Dinas Pariwista KBB

Selain itu, kata dia, untuk menciptakan gerakan kepariwisataan yang masif, pemerintah daerah perlu membenahi akses jalan menuju kawasan wisata tersebut terlebih dahulu.

Dengan membenahi akses jalan, nantinya para wisatawan nusantara (wisnu) dan wisatawan mancanegara (misman) tidak segan untuk berkunjung ke lokasi wisata di Bandung Barat.

“Artinya, tidak hanya menambah pendapatan bagi daerah, tapi juga masyarakat,” ucap dia.

Umbara menargetkan, di tahun 2021 mendatang, Curug Malela telah siap menjadi kawasan destinasi wisata bertaraf nasional bahkan internasional.Tidak hanya itu, masyarakat sekitar pun didorong sebagai pelaku dalam hal optimalisasi potensi ekonomi dalam bidang pariwisata.

“Masyarakat nantinya bukan hanya sebagai penonton saja, tapi juga sebagai pelaku dan penggerak pariwisata,” pungkasnya. (Wit)