Kenang Jasa Pahlawan, Pramuka KBB napak Tilas ke Tugu Perjuangan Rakyat Cipongkor

Cipongkor, BBPOS – Ratusan anggota Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka KBB, ikut serta dalam touring menuju ke Tugu Perlawanan Rakyat Cipongkor, Sabtu (24/8/2019).

Kegiatan tersebut guna kembali mengingat perjuangan warga Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat dalam melawan penjajah untuk merebut kemerdekanan Republik Indonesia.

Untuk menuju ke kawasan Tugu Perjuangan Rakyat Cipongkor yang berada di Kampung Cikentit Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor tersebut, para peserta touring menggunakan roda dua dan empat.

Touring yang dilepas langsung oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Aseng Djunaedi itu juga menemui salah seorang saksi hidup perjuangan tersebut yakni Mak Ani (84).

Aseng menjelaskan, napak tilas jejak perjuangan masyarakat Bandung Barat ini untuk mengingatkan para anggota Pramuka terhadap perjuangan para pendahulunya.

“Tugu ini dibangun oleh Bupati Bandung, Bapak Sani Lupias pada tahun 1984. Dan saya ajak anggota pramuka napak tilas ke tempat ini, salah satunya untuk mengetahui sejarahnya,” tutur Aseng.

Ia menambahkan, agar anggota Pramuka dapat merasakan perjuangan warga Cipongkor saat itu, Mak Ani diundang untuk menceritakan secara gamblang bagaimana perjuangan warga Cipongkor dalam upaya melawan para penjajah.

“Jasa masyarakat Cipongkor perlu dikenang dan dijadikan bahan renungan untuk selanjutnya dijadikan bahan evaluasi diri,”tambahnya.

Aseng berharap, dengan kegiatan touring napak tilas ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan menghargai jasa para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pesan inilah yang ingin saya sampaikan kepada seluruh anggota Pramuka di Kabupaten Bandung Barat,”harapnya. (Nie)