Bantu Masyarakat Terdampak Kekeringan, ACT-MRI KBB Distribusikan Air Bersih

Padalarang, BBPOS – Guna memenuhi kebutuhan air akibat musim kemarau, relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) KBB dan Jabar serta Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menyalurkan air bersih sebanyak 8000 liter ke setiap wilayah yang mengalami kesulitan air di Kabupaten Bandung Barat.

Salah satunya di wilayah terdampak kekeringan yakni tepatnya di Kampung Tipar Timur Rt 03 Rw 04, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang. Para relawan menyalurkan air bersih satu tangki berisi 8000 liter, Kamis (22/8/2019).

Ketua MRI KBB, Chandra mengatakan, pada musim kemarau ini ACT dan MRI berupaya optimal menyalurkan donasi berupa bantuan air bersih melalui mobil tangki secara berkala pada warga yang terdampak.

“MRI/ACT Insya Allah siap bersinergi dengan pemerintah atau dinas terkait dalam membantu kebutuhan masyarakat dalam penanggulangan bencana kekeringan yang melanda KBB khususnya juga indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Selain itu, untuk meminimalisir dampak kekurangan air akibat musim kemarau. Rencananya, para relawan akan membuat sumur dangkal guna memenuhi kebutuhan air masyarakat.

“Berdasarkan informasi dari BMKG kemarau akan berlangsung hingga oktober mendatang, untuk itu kami akan terus berusaha menyalurkan air kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Kp. Tipar Timur menyebutkan, Pemda Bandung Barat belum maksimal dalam menangulangi krisis air bersih yang sekarang saat ini dirasakan masyarakat.

Untuk itu ia berharap, peran aktif pemerintah daerah lebih optimal lagi. Pasalnya, belum terlihat campur tangan Pemda KBB dalam mengatasi permasalah air yang saat ini dirasakan sebagian besar masyarakat KBB.

“Mereka seperti tidak peduli pada kepentingan warganya,” tandas warga yang enggan disebutkan namanya.(Dn)