Kepala BKPSDM KBB Ingin ASN yang Kompeten dan Profesional

Asep Ilyas, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat. Foto: BBPOS/ Suwitno

Ngamprah, BBPOS – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat, saat ini sedang menggodok program sertifikasi dan pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pada kesempatan tersebut, Kepala BKPSDM KBB, Asep Ilyas mengatakan, bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini kedepan didasarkan pada aspek yuridis maupun menjawab isu-isu yang berkembang terkait kompetensi Aparatur Sipil Negara.

“Isu pengembangan sumber daya manusia (SDM) saat ini semakin penting dan strategis terutama dalam menghadapi tantangan global,” ujar Asep saat ditemui diruang kerjanya, Rabu, (21/8/2019).

Asep menuturkan, saat ini pemerintah pusat telah menekankan pentingnya aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM). Tujuannya menurut dia, untuk menghadapi aspek pemikiran kepala SKPD maupun ASN lain yang belakangan ini semakin menggaung.

Lebih lanjut, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) dinilai menjadi faktor utama untuk mendukung implementasi revolusi, seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat baru-baru ini.

Mengingat, masih kata Asep, era saat ini telah memasuki zaman digital sehingga menuntut kompetensi SDM dalam pemanfaatan teknologi digital (digital skills).

“Artinya, pegawai ASN tidak hanya dituntut memiliki kompetensi teknis, managerial, sosial kultural dan kompetensi pemerintahan namun juga digital skills untuk mewujudkan pegawai ASN yang kompeten dan profesional,” papar Asep.

Ditambahkan, pihaknya akan terus melakukan roadshow guna menjaring status PNS yang belum memenuhi standarisasi administrasi kepegawaian.

Hal itu dia lakukan agar PNS di lingkup Bandung Barat dapat lebih profesional dalam menjalankan tugasnya dalam membangun pemerintahan. “Sengaja dilakukan agar kita tahu, sebenarnya apa masalah yang terjadi dilapangan,” pungkas Asep.(wit)