Meriahkan Hari Jadi Ke-58, Kwarcab Pramuka KBB Gelar Lomba Kemah Tingkat Kwaran

Cisarua,BBPOS- Kwartir Ranting (Kwaran) gerakan Pramuka se-Kabupaten Bandung Barat menggelar kemah di wilayah masing-masing dalam rangka menyambut hari jadi Pramuka ke 58 pada Selasa 13-14 Agustus 2019.

Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka KBB menerjunkan sejumlah pengurus untuk menilai langsung kondisi perkemahan yang diikuti oleh 15 Kwaran tersebut.

Kwaran tersebut yakni Kwaran Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, Padalarang, Cikalongwetan, Cipeundeuy, Cipatat, Batujajar dan Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Gununghalu, Rongga dan Saguling

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi mengatakan, perkemahan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-58 tersebut sebenarnya merupakan agenda rutin tingkat kwaran.

Namun kali ini Kwarcab memberikan penilaian secara khusus pada kwaran untuk melihat langsung dan mengevaluasi penyelenggaraan kegiatan kepramukaan selama ini.

“Mudah-mudahan saja ini juga jadi motivasi bagi gerakan pramuka untuk lebih giat lagi dalam upaya mengembangkan potensinya,” tutur Aseng.

Ia mengapresiasi antusias para kwaran yang cukup sukses menyelenggarakan perkemahan walau bukan di bumi perkemahan secara khusus.

Peserta berkemah tersebut kata Aseng, diikuti mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, Pembina, bahkan diantaranya ada yang melibatkan anak berkebutuhan khusus (ABK).

“Salah satu indikator penilaian, dilihat dari keragaman pesertanya. Selain yang disebutkan di atas, pesertanya diharapkan juga ada dari Karang Taruna Desa,” terang Aseng.

Untuk memotivasi kwaran, pihaknya menyediakan uang pembinaan bagi para pemenang. Untuk Juara I disediakan Rp1,5 juta, Juara II Rp1 juta dan Juara III Rp1.000 dan Juara III Rp750 ribu.

Tidak hanya itu, Lomba Kwaran ini pun memperebutkan Tropy Bergilir Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Bandung Barat.

“Hadiah yang kita sediakan sebagai motivator supaya ke depannya lebih berkualitas lagi,” tutur Aseng. (Nie)