Terkait Diskusi Peran Pers dalam Membangun Daerah,Begini Kata Kades Pasirhalang

Asep Rohimat Kepala Desa Pasirhalang, kecamatan Cisarua. Foto: Hendri/BBPOS

Ngamprah,BBPOS – Kepala Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Asep Rohimat mengapresiasi kegiatan diskusi dengan tema “Peran Pers dalam Mewujudkan Pembangunan Daerah”, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa, Kamis (9/8/2019).

Menurutnya, diskusi dalam rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa dan lembaga desa tersebut, memberikan banyak manfaat bagi peserta. Terlebih kegiatan itu diikuti oleh seluruh perangkat desa hingga ketua RT dan RW.

“Kami diberikan edukasi dan pemahaman terkait arti dan peran pers yang sebenarnya,” ujarnya pada BBPOS usai kegiatan.

Ia menambahkan, peran serta pers dalam pembangunan desa memang memiliki andil yang banyak. Pasalnya, peranan pers juga ikut mendorong mengenalkan potensi suatu daerah khususnya desa.

“Selain itu sebagai institusi sosial juga berperan memberikan kontribusi dalam membangun daerah dengan fungsi kontrolnya,” katanya.

Sebagai salah satu pilar demokrasi kata Asep, pers diharapkan terus menjadi corong dan sarana komunikasi masyarakat bagi pemerintahan daerah dalam menyampaikan berbagai hal terkait kebutuhan masyarakat.

“Partisipasinya sangat dibutuhkan dalam agenda pembangunan daerah dengan kekritisannya yang membangun, cerdas, edukatif dan bermartabat,”katanya.

Masih kata Asep, besarnya dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan pedesaan menuntut informasi tersaji setiap hari. Hal itu guna merealisasikan keterbukaan dan kemudahan masyarakat mendapatkan informasi. .

Lebih jauh dari itu, pers juga dapat menjadi mitra aparatur desa dan terlibat membangun desa sesuai dengan tugasnya masing-masing. Hal ini tentunya bisa mencegah dari informasi dan pemberitaan yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik yang kini marak terjadi.

“Tak kalah penting yaitu sinergitas kerjasama baik antara wartawan dan perangkat desa dalam membangun desa sebagai ujung tombak pembangunan. Salah satu bentuk kerjasama yaitu bisa menjadi mitra dalam penyebaran dan publikasi informasi,” katanya.

Ia pun berharap, kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali bahkan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, edukasi terkait pers masih kurang di tengah aparatur desa.

“Yah kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, PWI KBB bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi,” harapnya. (Dra/Wit)