Aseng Junaedi: Pers Berperan dalam Pembangunan Daerah

Ngamprah, BBPOS – Asisten I Bidang Pemerintahan KBB, Aseng Junaedi menyatakan pers memiliki peran besar dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan suatu daerah termasuk Desa.

Hal itu diungkapkan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan Lembaga Desa dengan tema Peran Pers Dalam Mewujudkan Pembangunan Daerah di Gedung Serbaguna Desa Pasirhalang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, peran pers dalam memberikan informasi kepada khalayak terkait kemajuan pembangunan sangat berarti bagi masyarakat. Selain itu, informasi yang berhubungan erat dengan kebutuhan masyarakat juga berguna bagi pemerintah.

“Keberadaan pers dan media massa dapat menyampaikan apasaja program pemerintah dan juga menyampaikan apa yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, mengingat perannya yang penting, pihaknya meminta pers untuk menjaga marwah tugasnya agar jangan sampai turun atau negatif. Menurut dia, dengan menjaga marwah tugasnya tersebut, pers akan mempertahankan perannya sebagai kontrol sosial di tengah masyarakat dan pemerintah.

“Marwah dari peran dan tugas wartawan yang mulia ini harus dijaga. Jangan sampai turun,” kata Aseng.

Dengan informasi yang diperoleh, kata Aseng, pembangunan menjadi terarah, tepat sasaran, dan bermanfaat bagi warga Kabupaten Bandung Barat.

Ia berharap hubungan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan semua insan pers yang bertugas di wilayahnya dapat ditingkatkan.

“Melalui momentum ini, ikatan dan kerja sama yang telah terjalin semakin dipererat,” pungkasnya. (Wit/Dry)