Jelang HUT ke-74 RI, Penjual Bendera Musiman Mulai Ramai di Bandung Barat

Ngamprah, BBPOS – Menjelang perayaan HUT RI ke-74, pedagang musiman yang menjual pernak-pernik khas hari kemerdekaan pun mulai bermunculan.

Beberapa pedagang terlihat menjajakan atribut perayaan HUT RI di sepanjang jalan menuju kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat.

Nuansa warna merah putih mendominasi barang dagangan yang dijual seperti bendera beragam ukuran, tiang bendera, hingga umbul-umbul.

Harga yang ditawarkan pun beragam, yakni berkisar antara Rp 5.000 hingga ratusan ribu rupiah.

“Tergantung benderanya, yang kecil per satuannya Rp 5.000 kalo umbul-umbul bisa sampai Rp 300.000,” ujar salah satu pedagang, Arizal (24), saat ditemui di Underpass Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (6/8/2019).

Arizal mengakui, ia memanfaatkan momen menjelang HUT RI ini untuk mencari penghasilan tambahan. Sejak awal memasuki bulan Agustus, kata dia, permintaan akan bendera dan umbul-umbul meningkat.

“Saat ini udah lumayan ada pembeli, paling ramainya diperkirakan tanggal 6 Agustus,” ujar Arizal.

Peningkatan pemasukan juga dialami Nenden (29), salah satu pedagang bendera dan umbul-umbul di sebelah stasiun kereta api Padalarang. Dalam sebulan terakhir, ia mengaku pendapatannya meningkat hingga 50 persen.

“Setiap hari ada yang beli. Sudah dari Juli kemarin saya berjualan, sebab 15 hari sebelum hari kemerdekaan masyarakat banyak yang sudah pasang bendera,” ujar Nenden saat ditemui di lapaknya.

Dalam sehari Nenden biasa menyiapkan 100 meter kain jahitan bendera dan umbul-umbul merah putih setiap hari dibantu sang suami.

“Sudah beberapa hari ini berjualan sampai sore kadang sampai malam. Alhamdulillah pesanan ada aja,” pungkasnya. (Wit)