Ini Dia, Rute Touring Gerakan Pramuka KBB ke Cipongkor

Ngamprah BBPOS- Ketua Touring/Napak Tilas Achmad Agus Sudrajat menjelaskan jalan yang dilalui untuk touring Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke Tugu Peringatan Perlawanan Masyarakat Cipongkor di Kampung Cikentit Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor dibagi empat etape.

Mulai dari etape I lokasi pelepasan di Plasa Mekar Sari Komplek Pemkab Bandung Barat-Ngamprah – Kantor Kecamatan Saguling sepanjang 18 km. Untuk etape 1 ini, ada CP 1 di Lapang Sepak Bola Cijambe Desa Cikande dan CP 2 Pertigaan Galian Pasir Cikande.

Kemudian untuk etape II, di Kantor Kecamatan Saguling-Lapang Borrow Fit sepanjang 12 km dengan cek poin (CP) 1 Pertigaan Kantor Desa Jadi dan CP 2 Pertigaan Cibanteng (Rajamandala-Saguling). Perjalanan dilanjutkan ke etape III, napak tilas menuju Tugu Perjuangan Rakyat Cipongkor sepanjang 3 km.

“Rombongan nanti dibagi dua. Tim kirab melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Tugu Pahlawan. Yang lainnya, langsung ke Buper Bandung Barat Lumpaaat (Bumi Perkemahan IP Saguling) untuk melaksanakan berbagai lomba,” jelas Agus.

Ketua HUT Gerakan Pramuka KBB H. Budi Sudrajat menambahkan selain touring, untuk memeriahkan HUT Pramuka tingkat KBB ini panitia juga sebelumnya mengadakan lomba kwaran terbaik. Agendanya, penilaian lomba kwaran dilaksanakan pada 13-14 Agustus 2019.

Bagi juara 1 disediakan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta, juara 2 Rp1 juta dan juara 3 Rp750 ribu. “Hadiah akan diberikan pada puncak peringatah HUT Pramuka Tingkat KBB, antara 27-30 Agustus,” terang H. Budi.

Untuk memantapkan agenda-agenda tersebut, Kwarcab dan Kwaran Gerakan Pramuka KBB akan melakukan kemah bersama di Ciwangun Indah Camp (CIC), 9 Agustus mendatang.

“Kita bahas lagi tentang tekhnik pelaksanaannya, sekaligus sebagai ajang mempererat jalinan silaturahmi diantara kita,” ucap H. Budi atau kerap dipanggil kak HBS oleh lingkungan Gerakan Pramuka KBB.(Nie)