Rio: Generasi Muda Harus Berani Maju ke Politik

Cimareme, BBPOS – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar, mendukung pemenangan calon Kepala Desa dari pemuda pada Pilkades serentak 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan ketua DPW KNPI Jabar, Rio F. Wilanta usai kegiatan diskusi panel yang dilaksanakan oleh DPC KNPI KBB, bertempat di Aula HBS, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, masyarakat desa merindukan lahirnya sosok pemimpin yang dapat menawarkan perubahan bagi masyarakat. Bahkan bisa jadi, rakyat desa telah menantikan sosok baru pemimpin dari kalangan pemuda.

“Pemuda yang progresif dan mempunyai kompetensi untuk mengelola dan membangun desa menjadi lebih kompetitif baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial maupun kebudayaan yang ada di desa,”katanya.

Ia menambahkan, keterlibatan pemuda dalam membangun desa merupakan isu strategis ditengah pola pemerintahan Indonesia yang gencar melaksanakan pembangunan.

“Tentu untuk mendukung upaya pemerintah pusat tersebut, peran pemuda untuk aktif dan partisipatif dalam pemerintahan desa perlu diperhitungkan,”tambahnya.

Masih kata Rio, semakin banyak para pemuda yang berani mengeksplorasi dirinya untuk mengikuti gelaran Pilkades, maka akan semakin bagus iklim demokrasi desa yang selama ini monoton dipimpin oleh wajah-wajah lama.

“Tak jarang dalam kepemimpinannya kurang akan kreasi dan inovasi yang dapat mempercepat pembangunan menuju desa produktif dan kompetitif,”katanya.

Tentunya, pemuda yang diharapkan yaitu pemuda yang bersih, jujur, inovatif, kreatif dan mempunyai kompetensi yang mumpuni, jadi bukan hanya sekedar muda usia saja.

“Saya yakin keterlibatan pemuda pada Pilkades serentak akan memberikan warna baru,”katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPD KNPI KBB, Lili Supriatn, setidaknya dengan spirit para pemuda yang mau berdesa tersebut menjadi oase ditengah keringnya pemikiran pemimpin desa selama ini.

Dengan begitu, besar harapan rakyat di Kabupaten Bandung Barat banyak lahir desa-desa kompetitif dan inovatif.

“Saat ini kita sedang berupaya menggenjot para pemuda di Bandung Barat agar lebih berani untuk hadir dalam Pilkades serentak ini” ujar Lili.

Dia mengajak, kaum muda untuk terlibat langsung dalam pesta demokrasi Pilkades serentak 2019. Tentunya yang akan menentukan arah pembangunan nasional lima tahun ke depan.

Ia menegaskan, peran penting pemuda bukan hal baru, dalam mewujudkan kemerdekaan sampai sekarang selalu ada peran pemuda di dalamnya.

“Pemuda selalu punya peran dan kontribusi yang khas di setiap zaman. Termasuk dalam pesta demokrasi, peran kaum muda sangat menentukan arah bangsa ke depan,” pungkasnya. (Wit)