Dispernakan KBB Sabet Juara Umum Kontes Ternak Tingkat Jawa Barat

Padalarang, BBPOS – Kabupaten Bandung Barat kembali menyabet gelar juara umum pada kontes ternak tingkat Jawa Barat 2019 untuk yang kelima kali, bertempat di Indramayu, Rabu (24/7/2019).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB, Unang Husni Tamrin mengatakan, Kabupaten Bandung Barat mengikuti 14 kategori ternak yang dilombakan.

“Alhamdulilllah kita lima kategori ternak juara satu, jadi kita juara umum,” katanya pada BBPOS melalui sambungan telepon, Rabu (24/7/2019).

Ia menjelaskan, jenis kategori yang dimenangkan oleh Kabupaten Bandung Barat yakni untuk jantan sapi pasundan, sapi perah dara umur 9-12 bulan, sapi perah dara umur 12-15 bulan, sapi induk laktasi 2, raja calon pejantan (domba garut).

“Semuanya dilihat dari kualitas bibit, kesehatan hewannya juga tingkat produktifitasnya Bandung Barat unggul,”jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, raihan tersebut menjadi bukti bahwa Bandung Barat mampu mengembangkan potensi ternak tidak hanya bagi Kabupaten Bandung Barat saja. Melainkan juga potensi ternak yang menjadi unggulan Jawa Barat.

“Ini juga merupakan bukti bahwa bidang peternakan di Kabupaten Bandung Barat potensial untuk menambah PAD,”katanya.

Untuk itu ia berharap, dengan program Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna yang akan mengembangkan agro wisata bisa diintegrasikan dengan bidang perternakan.

“Ini juga sebagai apresiasi kepada peternak di Bandung Barat,”pungkasnya. (Dra)