1353 Mahasiswa IKIP Siliwangi Laksanakan KKN 2019, 200 di Antaranya Mengabdi di Pelosok Jabar

Cimahi, BBPOS – 1353 mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019, yang tersebar di beberapa wilayah di Jawa Barat.

Wakil Rektor I Bidang Akademik IKIP Siliwangi Bandung, Euis Eti Rohaeti menjelaskan, program pada tahun 2019 mengambil tema berbeda dimasing-masing tempat. Tergantung kebutuhan daerah tersebut.

Ia menjelaskan, untuk di wilayah kota Cimahi, pihaknya mengambil tema “Model Pengembangan zero waste dalam mendukung Ekologi Kota Cimahi” yang melibatkan 338 peserta di 15 kelurahan di Kota Cimahi.

“Untuk KKN di Kabupaten Bandung Barat mengambil Program Citarum Harum dgn tema Internalisasi Kesadaran Ekologi di tengah masyarakat yg diikuti 815 peserta di 32 Desa di KBB,” katanya pada BBPOS, Kamis (18/7/2019) melalui sambungan telepon.

Sementara itu, untuk di wilayah luar Bandung raya, yakni di Pamijahan Tasik, Pamarican Ciamis, Banjar dan Majalengka, IKIP Siliwangi menerjunkan sebanyak 200 mahasiswanya.

“GISMA (Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar) yg merupakan gabungan KKN dan PPL selama 3 bulan dari tanggal 15 Juli – 15 Oktober 2019 di daerah pelosok Jabar,” katanya.

Melalui ketiga tipe KKN tersebut, kata Euis, IKIP Siliwangi diharapkan dapat mendukung terciptanya masyarakat madani yg berkarakter di tengah lingkungan hidup yg bersih, nyaman, dan kondusif.

“Saya berharap mahasiswa IKIP siliwangi memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat,” harapnya (Dra)